Ajang MTQ untuk Berlomba dalam Kebaikan

Purworejo – Menjelang dilaksanakannya Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Pelajar dan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tingkat Kabupaten Purworejo tahun 2021, Seksi Bimas Islam menggelar kegiatan Pembinaan Penyelenggaraan MTQ pada hari Jumat (29/10/2021) di Gedung Graha Siola RM H. Dargo Purworejo.

“Kegiatan ini merupakan salah satu ajang menjalin silaturahim dan menambah wawasan.” Demikian disampaikan oleh Waloya, S.Ag. sebagai Ketua Penyelenggara dalam laporannya. “Pembinaan Penyelenggaraan MTQ merupakan salah satu program kerja Seksi Bimas Islam. Peserta yang hadir 57 orang dari KUA dan Penyuluh Agama Islam baik Fungsional maupun Non PNS yang biasa membidangi kegiatan musabaqoh di tingkat kecamatan,” lanjutnya.

Sebelum membuka acara secara resmi, dalam sambutannya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo H. Facthur Rochman, M.Pd.I. menyampaikan bahwa saat ini kegiatan di tempat publik sudah bisa terlaksana dengan tetap menjaga protokol kesehatan. “Kementerian Agama Purworejo bekerjasama dengan Dinas Kesehatan telah mengoptimalkan dan memaksimalkan penyelenggaraan vaksin di semua unsur Kementerian Agama,” ungkapnya.

Lebih lanjut orang nomor satu di Kankemenag Purworejo tersebut menyampaikan bahwa MTQ dapat  diselenggarakan meskipun dengan segala keterbatasan. Beliau yang juga salah satu narasumber memaparkan bahwa falsafah musabaqoh adalah berlomba-lomba dalam kebaikan. “Dan saat ini kita berupaya mengembalikan ruh MTQ agar kembali seperti dahulu baik dalam hal penyelenggaraan maupun kemeriahannya,” harapnya. Narasumber lain yang turut hadir adalah ustadzah Sumarni dan H. Uan Abdul Hanan, M.S.I. (hws/sgy/bd)