Akhir Pekan, Stand Pameran Informasi Haji Paling Banyak Dikunjungi

Yogyakarta (PHU) – Gelaran Stand Pameran Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) di Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) yang digelar pada tanggal 2 s.d.19 November 2018 di Alun-Alun Utara Kota Yogyakarta menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung pameran.

Beberapa rombongan yang masih berusia belasan tahun ramai mendatangi stand Ditjen PHU pada malam itu meskipun cuaca diluar Anjungan Pameran hujan deras tidak menyurutkan antusias beberapa pengunjung pameran. Tak mengherankan, selain adanya layanan konsultasi dalam hal ibadah haji maupun umrah, di sini juga disediakan photoboth haji yang dilengkapi dengan perlengkapan yang mendukung untuk berswafoto maupun foto bersama.

“Mas, nanti tolong fotonya di upload ke Instagram¬† ya!. Nanti Aku sekalian di tag juga,” pinta Ica, salah satu pengunjung stand pameran, Sabtu (10/11).¬†

Sementara, Elies selaku petugas dari Ditjen PHU yang bertugas pada pameran ini berharap, animo pengunjung akan meningkat pada akhir pekan dibanding dengan hari-hari biasanya.

“Kita tidak ada target, tetapi kalau bisa pengunjung sebanyak-banyaknya. Biasanya Sabtu dan Minggu lebih banyak pengunjung karena hari libur,” kata Elies.

Memasuki malam sekitar pukul 19.30 WIB jumlah pengunjung mulai meningkat. Mereka memenuhi Anjungan Pameran Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DIY tempat stand pameran Ditjen PHU berada.

Elies menjelaskan bahwa pameran dibuka mulai pukul 5 sore hingga 9 malam, dan tidak sedikit dari masyarakat yang menanyakan terkait dengan informasi keberangkatan nomor porsi hajinya maupun mengenai biro-biro umroh yang mempunyai legalitas dari Kementerian Agama.

“Berapa nominal biaya untuk setoran awal BPIH pendaftaran haji reguler ?,” tanya Elies saat memberikan kuis didepan para pengunjung.

“Dua puluh lima juta,” sahut Ica sambil mengacungkan jari diantara pengunjung lain yang mencoba menjawab pertanyaan.

Di akhir pertanyaan, Elies menyerahkan kaos sebagai hadiah kepada pengunjung yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan dari petugas yang ada di stand pameran Ditjen PHU. (djs/gt).