Akhirussanah, Ajang Pengembangan Kreatifitas Siswa

Karanganyar – Akhirussanah bukan hanya panggung bagi siswa-siswi kelas XII yang siap menempuh pendidikan ke perguruan tinggi. Dalam ajang ini para siswa yang masih duduk di kelas X dan XI juga unjuk gigi dengan menampilkan bakat dibidang seni seperti menari, menyanyi, bermain alat musik, membaca Al Qur’an dan lain sebagainya. Acara ini juga sebagai pembuktian bahwa sekolah bukan hanya untuk mengasah kemampuan dibidang akademik tetapi juga dapat mengasah bakat terpendam dalam bidang seni.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala MAN Gondangrejo, Saiful Islam dalam wawancara singkatnya mengenai kelulusan siswa kelas XII di ruang kerjanya, (18/05). Saiful juga mengatakan bahwa kemampuan siswa selain di bidang akademik penting untuk dikembangkan mengingat di masa mendatang banyak siswa yang mungkin berkarya dengan bakatnya tersebut.

“Akhirussanah juga dapat memberikan ruang bagi siswa-siswa yang memiliki kreatifitas dalam bidang seni atau memiliki bakat terpendam yang belum diketauhi oleh siswa lainya, dengan begitu akan memberikan dorongan siswa yang lain untuk berusaha mengembangankan bakatnya dalam bidang seni”, kata Saiful.

“Beberapa yang menampilkan kreatifitasnya dibidang seni diantaranya kelas X IPA 1 Tari Cindai. Kelas X IPS 1 menampilkan seorang penyanyi solo bernama Jundullah. Kelas X IPA 2 menampilkan Tari Gundul-gundul Pacul. Kelas X PK 1 menampilkan seorang penyanyi wanita yang memiliki suara merdu yaitu Ayu Amiratun Nafiah sedangkan kelas X IPA 1 menampilkan Tari Modern XI PK 1 menampilkan Tari Merak serta XI PK 2 musikalisasi puisi”, tambahnya.

Sebelumnya, pada hari Rabu (10/05) MAN Gondangrejo mengadakan acara tahunan Akhirussanah. Dalam acara akhirussanah tahun 2017 ini MAN Gondangrejo melepas 162 siswa yang mendapat predikat lulus dan telah sukses dalam UNBK tahun 2017 ini dengan nilai yang memuaskan. Akhirussanah kali ini bukan hanya ajang untuk memberikan penghargaan pada siswa dibidang eksak tetapi digunakan sebagai ajang menunjukan kreatifitas dalam bidang seni bagi anak-anak kelas X dan XI.

Dalam ajang ini dapat diketahui siswa-siswa yang memiliki prestasi selama mereka bersekolah seperti dari kelas XII IPA nilai tertinggi dicapai oleh Ahmad Zulfakar , nilai IPS dicapai oleh Fegi Anamarta, sedangkan dari kelas PK dicapai oleh Anisa Nikma Ardiana. (yl-hd/wul)