Akhmad Farkhan : Semua Satker Penerima DIPA Diharapkan Mampu Memaksimalkan Anggaran Yang Ada

Tegal- Dalam rangka efesiensi anggaran dalam pelaksanaan semua kegiatan khususnya di tahun 2018, maka semua satker di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Tegal diharap mampu memaksimalkan semua proses kegiatan dengan memegang prinsip efektifitas, efisiensi dan transparansi anggaran, seperti yang disampaikan KakanKemenag Kota Tegal, Akhmad Farkhan dalam acara Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Anggaran Tahun 2018, Selasa (16/01) di Ruang Kepala.

Hadir dalam acara tersebut, Ka. Subbag TU, para Kasi, Perencana, Penyelenggara Syariah, Urusan Kepegawaian (UP), Bagian Keuangan dan semua Bendahara Anggaran pada setiap satker, dimana masing-masing peserta rapat dibagikan secara langsung Rincian Kertas Kerja Satker tahun 2018, untuk ditelaah oleh masing-masing peserta rapat.

Dalam pengantarnya, Akhmad Farkhan mengingatkan kepada seluruh pimpinan satker agar dalam melaksanakan anggaran mengacu kepada juknis atau peraturan yang sudah ada, dengan berdasarkan beberapa item ketepatan, seperti tepat kode akun yang digunakan, tepat progam, tepat output, serta tidak terjadi tumpang tindih akun yang telah ditentukan, jika terdapat kesalahan untuk segera direvisi.

Untuk kesuksesan pelaksanaan anggaran Tahun 2018, Farkhan mengharapkan agar pelaksanaan anggaran dapat menjamin bahwa anggaran yang dilaksanakan sesuai dengan wewenang yang telah diberikan, baik dalam aspek keuangan maupun kebijakan, “harapnya.

Ia menambahkan, anggaran yang ada dalam DIPA harus dilaksanakan secara proporsional, “imbuh Farkhan.

Dalam kesempatan yang sama, secara bergilir setiap satker dari mulai Kasi Penma, Kasi Pakis, Bendahara satker Bimas, Kasi PHU pada intinya dapat melaksanakan semua kegiatan sesuai dengan DIPA, namun ada beberapa satker yang melakukan revisi anggaran, dengan maksud supaya adanya kesesuaian kegiatan yang akan dilaksanakan dengan anggaran yang ada.

Sementara itu Ka. Subbag TU, Agus Seri selaku pimpinan rapat dalam acara tersebut menghimbau, agar dalam pelaksanaan anggaran Tahun 2018 ini pelaksanaanya lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Ia juga mengingatkan, semua kegiatan harus dilaksanakan secara efektif dan efesien sesuai dengan anggaran yang ada dalam DIPA, sehingga pelaksanaanya akan terstruktur dalam jadwal, “pungkas Agus Seri. (IM//rf)