Akreditasi Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Madrasah

Temanggung – Akreditasi madrasah/sekolah adalah suatu kegiatan penilaian kelayakan madrasah/sekolah berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Akreditasi sekolah / madrasah dilakukan bertujuan untuk melihat apakah suatu sekolah bisa dan layak untuk menyelenggarakan pendidikan.

Pengawas Madrasah Kecamatan Candiroto mengadakan kegiatan Pembinaan Akreditasi Madrasah yang ditempatkan di Kecamatan Candiroto. Kegiatan dilselenggarakan, Rabu(14/2) itu dihadiri oleh Kepala Madrasah di wilayah Kecamatan Candiroto dan Bejen.

Pengawas Madrasah, Nur Makhsun dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini salah satu upaya Kantor Kementerian Agama dalam memberikan pembinaan pada madrasah,sehingga diharapkan dapat berguna bagi kemajuan Madrasah yang ada di Kabupaten Temanggung.

"Untuk tahun ini ada beberapa Madrasah yang akan dilakukan penilaian akreditasinya. Ada beberapa hal yang difokuskan dalam pembinaan ini sebagai persiapan penilaian akreditasi. Khususnya yang banyak kaitannnya dengan administrasi. Mulai dari dokumen satu dan dokumen dua, serta data-data yang dinilai dalam akreditasi seperti kegiatan pengembangan diri," imbuhnya

Dan harus ada petugas khusus yang ditunjuk oleh lembaga Madrasah, yang harus diklarifikasi oleh petugas asesor nantinya. Lebih lanjut dikatakan bahwa petugas dimaksud harus siap menjawab semua pertanyaan ketika petugas asesor berusaha untuk menggali informasi tentang lembaga ditempatnya bertugas.

"Untuk itu kita memberikan membekalan kepada masing-masing penanggung jawab. Selain itu kita juga mengharapkan, bahwa setiap jawaban itu harus ada konsekuensinya. Harus sesuai dengan kondisi riil di lembaga masing-masing," tegas Nur Makhsun dalam pembinaannya.

Hal terpenting menurut Nur Makhsun, dalam pelaksanaan akreditasi adalah bagaimana cara pandang sekolah/madrasah terhadap akreditasi. Apakah madrasah memandang akreditasi sebagai suatu kebutuhan atau kepentingan. Madrasah harus memandang bahwa akreditasi adalah sebuah kebutuhan bukan kepentingan.

"Sekolah/Madrasah butuh manajemen yang baik untuk menjalankan organisasi sekolah dengan baik, dan semuanya tidak akan menjadi beban jika sekolah sudah terbiasa dengan manajemen yang baik dan akreditasi sebagai upaya peningkatan mutu madrasah," tutupnya.(nm/sr/rf)