Aksi Donor Darah Kemenag Klaten, Wujud Kepedulian Pada Masyarakat

Klaten – Kegiatan donor darah ini diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Amal Bhakti Kemenag RI ke 72, selanjutnya akan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Klaten.

Demikian disampaikan Penyelenggara Syariah Retna Fithrotin selaku Ketua Panitia Pelaksana Seksi Bhakti Sosial HAB ke 72 disela-sela kegiatan donor darah yang dilaksanakan di Aula Al Ikhlas Kemenag Klaten, Senin (27/11).

“Aksi ini mengawali rangkaian dalam rangka menyemarakkan  HAB Kemenag ke 72 tingkat Kemenag Klaten. Kegiatan bertujuan untuk membantu masyarakat yang sangat membutuhkan darah, juga merupakan  wujud pengabdian kepedulian sosial Kementerian Agama kepada bangsa dan negara, khususnya untuk wilayah Klaten dan sekitarnya,” tandas Retna.

Kemenag Klaten menggandeng PMI Kab. Klaten dengan  tersedianya satu unit mobil PMI, personel medis dan peralatan pendukung  telah disiapkan  untuk melayani donor darah yang diikuti ASN, perwakilan guru, KUA seluruh satker dilingkungan Kankemenag Kab.

“PMI menyediakan 6 matras yang disediakan bagi para pendonor, silahkan kepada ASN untuk mensukseskan aksi ini, dengan menyumbang setetes darah, maka kita berpartisipasi dalam menyembuhkan dan memberi harapan hidup bagi umat manusia,” ajak Retna.

Lebih lanjut Retna menyampaikan, selain dapat membantu mereka yang membutuhkan darah, donor darah juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Menurutnya, donor dapat menjaga sirkulasi darah, sekaligus mengetahui tekanan darah yang normal dan tidak normal. Selain itu, donor darah juga dapat menurunkan risiko terkena serangan stroke, membantu deteksi masalah kesehatan, nemperbaiki fungsi hati, mendapatkan kesehatan psikologis, dan mengetahui karakteristik darah seseorang (kental atau cair).

Hal senada dikatakan Jupriyanto salah satu pendonor dari KUA Klaten Tengah, donor darah membuat tubuh akan sehat.

“Bagi yang konsisten mendonorkan darah, regenerasi sel darah merah akan terjadi 48 jam pasca donor darah. Dalam waktu tersebut, volume darah akan benar-benar terganti dengan yang baru,” katanya.

Untuk tahun ini kuota disediakan sebanyak 150 pendonor, dan diharapkan bisa terpenuhi dan semoga kegiatan ini bisa membantu masyarakat sebagai aksi sosial ASN Kemenag Klaten.(aj/Wul)