Aksi Donor Darah, Wujud Kepedulian Sosial

Klaten – Menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Klaten, dengan satu unit mobil PMI, personel medis dan peralatan pendukung  telah disiapkan  untuk melayani donor darah, yang bertempat di Aula Koppenda Kemenag Klaten Rabu (21/12). Kegiatan ini mengawali rangkaian dalam rangka menyemarakkan Hari Amal Bakti (HAB) ke-71 Kementerian Agama tingkat Kabupaten.

Berdasarkan pantauan humas Kemenag Klaten, terdapat 6 matras dan 4 kursi yang disediakan bagi para pendonor. Acara donor darah yang dimulai pukul 08.00-12.00 WIB. Adapun para pendonor darah berasal dari ASN di Lingkungan Kementerian Agama Kab. Klaten.

Kegiatan donor darah ini diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Amal Bhakti Kemenag RI ke-71 ini selanjutnya akan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui Palang Merah Indonesia Kabupaten Klaten, tegas Retna Fithrotin Ketua Panitia Pelaksana Seksi Bhakti Sosial HAB ke-71.

“Selain itu membantu masyarakat yang sangat membutuhkan darah, juga merupakan wujud pengabdian kepedulian sosial Kementerian Agama kepada bangsa dan negara, khususnya untuk wilayah Klaten dan sekitarnya. Peserta donor  memenuhi kuota 100 kantong yang telah disediakan oleh PMI, dan berjalan dengan sukses,” tandas Retna.

Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten Anif Solikhin meninjau langsung kegiatan donor darah, beliau merasa bangga akan antusias peserta donor darah yang ikut menyumbangkan darahnya meningkat dibanding tahun sebelumnya, semoga darah yang didonorkan dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan dan kegiatan ini dapat rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Kegiatan ini sangat membantu bagi masyarakat yang menbutuhkan darah secara mendadak.

“Misalnya ada orang yang tertimpa musibah, bencana atau operasi dan membutuhkan darah, maka setetes darah kita yang kita donorkan ini bisa jadi penyambung hidupnya,” kata Anif.

Anggapan yang menyatakan mendonorkan darah bisa membuat kita menjadi lemas adalah salah. Saat kita mendonorkan darah, maka tubuh akan bereaksi langsung dengan membuat penggantinya. Jadi, kita tidak akan mengalami kekurangan darah. Selain membuat tubuh memproduksi darah-darah baru, ada lima manfaat kesehatan lain yang bisa kita rasakan, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penurunan berat tubuh, mendapatkan kesehatan psikologis, mendeteksi penyakit serius, imbuhnya.(AgusJun/gt)