AKSIOMA dan KSM Cetak Generasi Bermental Juara

Banjarnegara –  Kesemarakan Pembukaan terlihat saat pembukaan Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (AKSIOMA) dan Kompetensi Sain Madrasah (KSM) tingkat Madrasah Aliyah Kabupaten Banjarnegara. Peserta dari MA Se-Kabupaten Banjarnegara berkumpul  di halaman MAN 2 Banjarnegara,  Sabtu (05/03).

Kegiatan AKSIOMA dan KSM diikuti sekitar 247 peserta. AKSIOMA dilaksanakan 05-06 Maret di MAN 02 Banjarnegara ini meliputi berbagai cabang lomba, yakni untuk Cabang Seni melombakan MTQ, Pidato Bahasa Inggris, Kaligrafi, Madrasah Singer. Sedangkan Cabang Olahaga melombakan bulutangkis, tenis meja, dan Futsal. KSM direncanakan di adakan tanggal 25 April di MAN 1 Banjarnegara melombakan 6 mapel, yaitu   Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Geogrrafi dan Ekonomi.

Dalam laporannya, Ketua Penyelengga, Agus Mahmud menyampaikan bahwa kegiatan AKSIOMA yang diselenggarakan dua tahunan ini ini sebagai upaya peningkatan mutu dan daya saing pendidikan madrasah yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Juga pengembangan potensi dan kreativitas siswa yang dimiliki pada madrasah. Tema kegiatan di diusung adalah “Sehat,Unggul, dan berdaya Saing”.

Kegiatan ini disamping menjadi ajang kompetisi juga menjadi media silaturrohmi dalam rangka penguatan madrasah.” Kata Agus Mahmud.

Lebih lanjut Agus Mahmud menganggap saat ini kompetisi Madrasah dengan sekolah umum semakin nyata, maka inovasi harus terus dilakukan dalam kaitan meningkatkan kualitas, sehingga madrasag semakin memiliki tempat di tengah masyarakat.

Dirjen Pendis Kementerian Agama memprogramkan kegiatan ini diharapkan dapat  memberikan pengaruh yang siginifikan bagi terwujudnya semangat belajar siswa di madrasah, serta bisa menumbuhkembangkan siswa dalam meraih prestasi belajar yang membanggakan, jelasnya.

Dalam sambutan dan pembukaan perlombaan Plt Kepala kankemenag Banjarnegara, Sukarno, memotivasi peserta agar menjadikan AKSIOMA media untuk meningkatkan mental juara dan bersaing secara sportif dalam bidang seni maupun olahraga. “Namun jangan lupa sertakan dalam setiap prestasi dengan iman, ilmu, seni dan niat amal ibadah.” ditambahkan.

Beliau juga berharap dengan AKSIOMA muncul bobot yang bisa juga di orbitkan pada kejuaran olahraga dan seni tingkat provinsi, nasional maupun internasional. Bibit-bibit juara akan muncul dari tingkat kabupaten selanjutnya provinsi, dan tingkat nasional yang  rencananya akan di digelar 07-012 Agustus 2017di KotaYogyakarta DIY.  (Nangim/Af)