AKSIOMA Pencetak Generasi Berdaya Saing Unggul

Cilacap – Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (AKSIOMA) tingkat Kabupaten Cilacap  digelar Sabtu (13/05) di MAN Cilacap. Perhelatan yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali merupakan ajang untuk mengembangkan potensi siswa dibidang seni dan olahraga.  Kegiatan dibuka oleh Kepala Kemenag Kabupaten Cilacap, Jamun.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap Jamun mengatakan, AKSIOMA merupakan ajang aktualisasi madrasah di bidang olah raga dan seni. Hal ini sesuai dengan panca prestasi madrasah yang salah satunya adalah seni dan olahraga. Karenanya, melalui AKSIOMA diharapkan lahir generasi handal yang tidak hanya unggul tetapi unggul dalam bersaing.

“Selain unggul, AKSIOMA harus mampu melahirkan generasi yang juga unggul dalam bersaing. Kalau hanya unggul saja mungkin sudah biasa, tetapi unggul dalam bersaing ini yang akan mampu bertarung dalam persaingan global. Karenanya saya berharap ajang ini bisa digelar dengan fair dan penuh sportifitas serta mengedepankan kejujuran,” ungkap Jamun.

Kegiatan yang bertema Seni, Unggul dan Berdaya Saing Unggul  diikuti oleh para siswa dari 23 madrasah baik negeri maupun swasta di lingkungan Kabupaten Cilacap.

Adapun cabang olah raga yang dipertandingkan meliputi bulutangkis perseorangan putra-putri di gedung Indoor  Komplek Stadion Wijayakusuma Cilacap. Cabang tenis meja putra-putri di aula MAN Cilacap. Futsal dimainkan di kompleks lapangan futsal Maos. Cabang MTQ putra–putri, pidato putra-putri Bahasa Inggris, kaligrafi putra-putri dan madrasah singer putra-putri bertempat di MAN Cilacap.

Dikatakan lebih lanjut bahwa penyelenggaraan AKSIOMA bertujuan untuk meningkatkan kompetisi sesuai dengan cabang yang diperlombakan dan sebagai ajang silaturrahmi antar siswa madrasah.(On/bd)