Al-Quran Perekat Umat

Tarakan (Inmas) – Ribuan orang memadati halaman masjid Baitul Izzah, malam itu Islami Centre Kota Tarakan menjadi saksi dilaksanakan upacara pembukaan perhelatan akbar Seleksi Tilawatil Quran XXIV tahun 2017, Sabtu (15/2017).

Pembukaan STQ kali ini langsung dihadiri oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin. Mengawali sambutannya Lukman mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan kepada jajaran pemerintah Provinsi Kalimantan Utara yang bersedia menjadi tuan rumah STQ XXIV tahun 2017 kali ini, “ Sungguh sebagai Provinsi termuda tetapi mampu menjadi tuan rumah perhelatan akbar dan sukses.” Ungkap Lukman.

Perekat terbaik untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang saat ini mulai terkoyak, tidak lain dengan Al-Quran, terbukti STQ mampu menembus batas ruang waktu antar suku dan ras, “Tarakan sungguh miniatur keragamaan namun keragaman ini mampu disatukan dengan tujuan sama untuk menjadi tuan rumah perhelatan nasional, yang itu adalah STQ.” Yakinnya.

Lukman juga menmbahkan STQ ini akan mampu melahirkan generasi bangsa yang memiliki budi pekerti luhur karena tidak jauh dari Al-Quran, degadensi moral generasi bangsa yang terus mengkhawatirkan saat ini karena mereka jauh dari Al-Quran. Tidak ada solusi terbaik untuk menjawab permasalahan ini, solusi dengan tanpa hujatan dan makian kebencian yakni Al-Quran.

“STQ ini jangan semata dijadikan kompetisi tahunan tetapi lebih dari itu menjadi ajang silaturrohmi antar generasi bangsa yang lintas suku dan ras, menjadi ajang perekat ukhuwah, menjadi ajang menggali makna Al-Quran sebagai sumber pedoman hidup bersama.” Kata Lukman. Sehingga tidak semata berfikir menang dan kalah semata ketika ini yang terjadi aka nada berfikir menghalalkan segala cara.

Sejalan dengan semangat ini Kepala Bidang Penaiszawa, Saidun mengharapkan kepada semua peserta kafilah dari Jawa Tengah untuk bisa mengambil sari pidato Menteri Agama tadi, jadi mereka tetap semangat memberikan yang terbaik untuk provinsi Jawa Tengah, dan diharapakan dukungan dan doa dari semua masyarakat Jawa Tengah, “ kami berharap semua masyarakat Jawa Tengah untuk bisa memberikan dukungan kepada kafilah Jawa Tengah untuk bisa diberikan kekuatan dan kemudahan dari Alloh dalam mengikuti STQ kali ini. “ harap Saidun.

Selamat dan sukses selalu untuk semua peserta STQ dari Kafilah Jawa Tengah, apapun hasilnya sungguh ini merupakan karya dan prestasi terbaik dari putra-putri terbaik Jawa Tengah. (Af/bd).