Alumni MAN 1 Cilacap Helat Campus Expo

Cilacap- Bertempat di GOR Madrasah Aliyah Negeri 1 Cilacap, sejumlah alumni siswa MAN 1 Cilacap yang tersebar di berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta mengadakan Campus Expo, Sabtu(27/01/2018). Acara ini sendiri diprakarsai oleh Bimbingan Konseling MAN 1 Cilacap dengan para alumnus yang tergabung dari Perguruan Tinggi Negeri(PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta(PTS).

            Sasaran kegiatan ini ditujukan untuk adik-adik kelas XII yang sebentar lagi akan menuntaskan belajarnya, sehingga setelah lulus mereka akan punya gambaran yang jelas untuk melanjutkan belajarnya ke jenjang yang lebih tinggi, namun peserta dari sekolah/madrasah lain juga disilahkan apabila ingin mengikutinya. Madrasah sendiri memiliki empat jurusan yaitu; Keagamaan, Bahasa, IPA dan IPS yang berjumlah 310 digerakan untuk mengikuti acara tersebut.

            Tepat pukul 09.00 acara dibuka oleh Siti Rochani selaku guru Bimbingan dan Konseling  mewakili kepala madrasah yang berhalangan karena sedang melakukan studi banding Madrasah Adiwiyata.

            “Kami sangat mengapresiasi dan berterimakasih dengan apa yang telah dilakukan oleh alumni untuk memotivasi adik kelas. Semoga dimasa mendatang kegiatan ini tetap bisa berlangsung”, demikian dalam petikan sambutannya.

            Dalam kesempatan lain, Adam Wildan selaku Ketua Panitia berkata,”Gagasan ini diprakarsai oleh lulusan 2017 melihat keprihatinan dan rasa iri kepada sekolah lain yang melakukan Campus Expo. Harapannya apa yang kami lakukan dapat memberikan wawasan tentang perguruan tinggi dan membantu adik-adik sehingga lebih aktif”.

            Menu Campus Expo sendiri meliputi presentasi dari berbagai perguruan tinggi, kunjungan ke stand perguruan tinggi untuk bertanya secara interaktif tentang informasi kampus dan pentas seni yang dilakukan oleh siswa-siswi MAN 1 Cilacap.

            Beragam komentar positif berasal dari mahasiswa yang mewakili kampusnya juga dari siswa madrasah sendiri khususnya kelas XII.

            “Keikutsertaan saya di sini untuk mengajak adik-adik kelas agar mind setnya berubah, bahwa pendidikan itu penting, kuliah juga penting untuk mengembangkan potensi diri”, kata Veny Diana selaku wakil dari mahasiswa IAIN Purwokerto

            Pendapat senada datang dari Khaerunnisa siswa kelas XII- IPA 4,”Acara ini sangat bermanfaat bagi saya yang sedang mencari informasi kampus karena saya pingin kuliah. Selain itu silaturahmi ini bisa mendekatkan dengan alumni dan tentu saja kami tambah pengalaman”.

            Menjelang pukul 12.00 perhelatan ditutup. Sesi yang mendapat respon luar biasa dan menarik adalah kunjungan ke masing-masing stand yang menginformasikan tentang perguruan tinggi yang bersangkutan. (Agus S/bd)