Ambil Ghirah Saat Ziarah Pendiri Depag

Banjarnegara – Dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) ke-73 Kementerian Agama RI, keluarga besar Kankemenag Kabupaten Banjarnegara melakukan ziarah ke makam pendiri Kementerian Agama, KH. Abu Daldiri di kompleks pemakaman barat alun-alun Purwokerto, usai upacara (03/01).

Acara ini diikuti 50 peserta, terdiri dari Kepala Kemenag, Ketua Perwanida beserta 6 orang pengurus, Kasubag TU, Perencana, Bendahara, Para Kasi dan Penyelenggara, Kepala KUA Kecamatan, Kepala Satker MAN/MTsN dan MIN, Pokjaluh dan Pokjawas.

Kepala Kankemenag, H. Masdiro mengatakan bahwa, KH. Abu Daldiri (lahir 24 Agustus 1895 dan wafat 1 Agustus 1967 atau dalam usia 72 tahun adalah pahlawan Kementerian Agama yang sebelumnya bernama Departemen Agama.

Perjuangan beliau saat memperjuangkan pembentukan Departemen yang mengurusi bidang keagamaan, dan masuk dalam susunan pemerintahan. Sebagaimana tertulis dalam sejarah, pada bulan November 1945 bersama KH. Saleh Sua'idi dan M. Sukoso Wiryosaputro melalui KNIP mengusulkan dibentuknya Departemen Agama dan disetujui saat Kabinet Syahrir II.

“Sebagai wujud rasa syukur dan terima kasih, sudah sepantasnya kita sebagai penerus perjuangan selalu mendoakan dan mencontoh jiwa perjuangannya,” ungkap Masdiro.

“Jadikan sebagai ghirah/ semangat perjuangannya untuk ASN yang masih aktif, dan bisa meningkatkan kinerja dengan labih baik lagi,” pungkasnya.

Rangkaian ziarah diakhiri dengan tahlil doa yang dipimpin Kasi PHU, Syafi' Muslih dan dilanjutkan tabur bunga.(Nangim/Sua).