An Nizaar MIN Mlangen, Juarai Festival Rebana

Magelang, Grup Rebana An Nizaar asal MIN Mlangen Kab. Magelang meraih Juara 2 Festival Rebana dalam rangka Milad MTs Pangeran Diponegoro di Menoreh, Salaman, Sabtu (25/02).

An Nizaar merupakan grup rebana, hasil kegiatan ekstrakurikuler yang beranggotakan 15 orang dengan komposisi 7 anggota putri dan 8 anggota putra. Melalui An Nizaar, siswa-siswi MIN Mlangen mengembangkan bakat dan minatnya dalam bidang seni.

Pembina ekstrakurikuler Rebana Zul Wahniyati, menyampaikan An Nizaar telah beberapa kali mengikuti festival-festival serupa. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat serta meningkatkan kepercayaan diri pada siswa MIN Mlangen.

“Tahun 2015, An Nizaar memperoleh juara pertama dalam Gebyar Budaya PCIBNU Tingkat Kabupaten Magelang.” katanya.”

“Namun untuk kegiatan ini, An Nizaar hanya mampu meraih juara kedua dari 16 peserta. Meskipun demikian, ini tidak menyurutkan semangat untuk tetap berusaha dan terus mengembangkan diri supaya di kesempatan yang lain mendapatkan hasil yang lebih baik lagi.” jelasnya.

“Dalam setiap kompetisi pasti ada menang dan kalah, kita selalu menekankan kepada anak-anak agar selalu berusaha melakukan sesuatu dengan maksimal.” tambahnya.

Senada dengan apa yang disampaikan Zul Wahniyati, vokalis An Nizaar M Fajrul Falah menyampaikan bahwa ia dan teman-temannya selalu diajarkan untuk bermain sportif.

“Kami sudah berusaha maksimal. Apapun hasilnya kita diajarkan untuk bermain sportif. Semoga ke depan bisa memperoleh hasil yang lebih baik.” ungkapnya.

Menurut Zul Wahniyati menjaga tradisi seni Islam ini bisa menjadi bagian kebijakan di Kementerian Agama pada semua jenjang mulai pusat, Kanwil dan Kabupaten/Kota, karena melalui tradisi ini selain melestarikan budaya juga mampu menumbuhkan kecintaan terhadap budaya lokal sekaligus menjadi ajang membangun silaturrohmi. (agni/m45k/Af)