Anak Binaan LPKA Kutoarjo Mendapat Tausiyah

Purworejo – Setelah beberapa waktu yang lalu hadir di acara pesantren kilat Rutan Purworejo, kini giliran Lembaga Pendidikan Khusus Anak (LPKA) Kutoarjo sebagai tempat bagi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo, Drs. H. Bambang Sucipto, M.Pd.I untuk memberikan tausiyahnya. Ini masih merupakan rangkaian dari kegiatan Buka Bersama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo di LPKA Kelas 1 Kutoarjo, pada Rabu (6/6) kemarin.

Tausiyah diawali dengan ajakan kepada anak binaan (sebutan bagi penghuni LPKA) agar tetap bersyukur menerima keadaan yang sekarang. “Dengan berada di LPKA, berarti Allah peduli dan menegur hambaNya agar tidak mengulangi perbuatannya yang tercela. Allah juga tidak akan membiarkan hambaNya larut dalam kemaksiatan,” papar Bambang.

Selain rasa syukur, anak binaan disarankan untuk bertobat dengan selalu membaca istighfar setelah sholat fardhu. “Tobat menunjukkan ketaatan kita kepada Allah karena manusia tidak bisa lepas dari kesalahan. Dan manusia yang baik adalah mereka yang bertobat setelah melakukan kesalahan untuk kembali menuju jalan yang Allah ridhoi,” ucapnya.

Masih menurut Bambang Sucipto, ramadhan merupakan waktu yang tepat bagi anak binaan untuk menjadikan LPKA sebagai pesantren dimana selain bisa menimba ilmu dan keterampilan, mereka juga bisa mengaji dengan sebaik-baiknya karena Al-Quran merupakan petunjuk bagi manusia untuk menempuh jalan yang lurus.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala LPKA Kelas 1 Kutoarjo, perwakilan Dandim, Kapolres dan Baznas Purworejo. Selain tausiyah, kegiatan buka bersama dirangkai dengan Wisuda Anak Binaan sebanyak 16 anak yang telah berhasil menghafal surat Annaba’ selama ramadan. Kegiatan wisuda ini sebagai bukti pernyataan Kepala LPKA dalam sambutannya bahwa anak binaan memiliki kemampuan yang tidak kalah dengan anak lain. (sgy/sua)