Aneka Lomba Meriahkan Pesta Siaga Kwaran Secang

Magelang,  Anggota Pramuka Siaga pada SD dan MI di wilayah Kecamatan Secang Kabupaten Magelang mengikuti Pesta Siaga 2017 yang diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka Kwartir Ranting XI.08.05 Kecamatan Secang di Kompleks Kantor Kecamatan Secang, Kamis (16/02/).

Pesta Siaga dibuka oleh Camat Secang Iwan Agus Susilo, selaku Pembina Pramuka Kwartir Ranting Secang. Pesta Siaga dihadiri oleh Muspika Kecamatan Secang,  Pengurus Kwaran dan Kamabigus di wilayah kecamatan Secang.

“Kegiatan ini juga bisa dijadikan ajang silaturrohmi dan membangun rasa persaudaraan anak didik.” Ungkapnya.

Camat Secang menekankan pentingnya kegiatan Pramuka di lingkungan Satuan Pendidikan secara rutin dan terjadwal, serta terprogram dengan baik. Menurutnya, kegiatan Pramuka bisa menjadi salah satu sarana yang paling efektif dalam menanamkan karakter/jati diri bangsa sejak usia dini.

“Perlu menanamkan kemandirian dalam diri anak didik sedini mungkin, agar mereka bisa menyiapkan diri mereka terhadap tantangan di masa yang akan datang” imbuhnya.

Melalui Pesta Siaga 2017, Gerakan Pramuka Ranting Kecamatan Secang ingin mencapai hal-hal sebagai berikut. 1) Menanamkan kedisiplinan, kemandirian, dan tanggung jawab.  2). Mendidik rasa persaudaraan dan kerjasama satu sama lainnya, 3). Menggali potensi dan kemampuan individu secara pribadi, 4). Menjalin silaturahmi antar peserta dengan peserta lainnya, dan 5). Menyiapkan generasi yang beriman dan taqwa yang tangguh juga peka terhadap lingkungan sekitar.

Pesta Siaga 2017 dimeriahkan dengan aneka lomba yang terbagi dalam 10 Taman, antara lain Taman I (Agama), Taman II (Pakaian Seragam), Taman III (Pengetahuan Umum), Taman IV (Tekpram: tali temali, sandi siaga, dan kompas), Taman V (Permainan Bowling), Taman VI (Seni Budaya), Taman VII (Mengenal Alat Musik), Taman VIII (PBB), Taman IX (Bumbung Kemanusiaan), Taman X (Kebersihan Lingkungan), dan Taman XI (Upacara).  (dk/m45k/Af)