Anggota DPR RI Apresiasi Sukses Penyelenggaraan Haji 2017

Wonogiri – Anggota Komisi VIII DPR RI Hj. Endang  Maria Astuti, SH. MH menyebut pelayanan penyelenggaraan ibadah haji yang dilakukan oleh Kementerian Agama sudah semakin baik. Format dan standar penyelenggaraan ibadah haji 2017 mengalami peningkatan kualitas dibanding sebelumnya atas kerjasama semuanya.

Di hadapan anggota IPHI se-Kabupaten Wonogiri di Gedung IPHI Kec. Sidoharjo, Minggu (25/02), anggota DPR RI dari Dapil Karanganyanyar, Sragen dan Wonogiri ini berharap agar capaian Kemenag yang baik tetap dipertahankan, sedangkan beberapa hal yang menjadi catatan kurang baik akan diperbaiki untuk meningkatkan pelayananan jamaah haji Indonesia.

Turut hadir dalam acara Pengajian/ Silaturrahim Persaudaraan keluarga besar IPHI Kabupaten Wonogiri dan pelantikan pengurus Cabang IPHI Kecamatan Sidoharjo, Ka. Kankemenag Wonogiri, Subadi, pengurus dan anggota IPHI Kab. Wonogiri dan Kecamatan, forkompinca, Kepala KUA Sidoharjo dan 400 anggota IPHI Se-Kabupaten Wonogiri.

Menurutnya, legislatif di senayan juga mendorong Kemenag kedepannya untuk mengupayakan agar memperbaiki layanan pemondokan, transportasi dan ada penambahan toilet di Mina dan juga akan mengusulkan kepada Pemerintah Arab Saudi agar ada perluasan tenda di Mina. demikian juga bus dipakai jamaah untuk Arafah-Mina untuk diupayakan agar bisa mendapatkan bus yang bagus.

Bahkan sebagai penanggung jawab penyelenggaraan ibadah haji, tahun 1438H/ 2017M  kemarin Kemenag mendapat Indeks Kepuasan Jemaah Haji hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) meningkat 1.02 point 84,85 persen. Pemerintah Saudi bahkan menyebut pelaksanaan haji tahun ini tersukses dalam sejarah.

"DPR mendukung agar Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) dibahas lebih awal. ini terus diperjuangkan dan mendapatkan dukungan sekaligus Komisi VIII DPR mendukung untuk kita membahas lebih awal biaya penyelenggaraan haji tahun 2018, DPR berupaya mendorong Pemerintah untuk meningkatkan pelayanan haji di Indonesia," tegas Endang Maria.

Selain beberapa hal yang disebutkan, endang menambahkan, Kemenag juga didorong mengupayakan untuk meningkatkan pelaksanaan bimbingan manasik haji, sehingga jemaah haji Indonesia memahami betul tentang prosesi ibadah haji secara substantif. (mursyid_heri/gt)