Anjangsana, wujud kepedulian dengan purna bakti

Karanganyar – Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan sejarah bangsanya sendiri. Perkataan Bung Karno itu sepertinya diaplikasikan betul oleh jajaran pegawai di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, minimal pada setiap peringatan Hari Amal Bakti (HAB).

Salah satu program HAB ke-70 yang dilaksanakan oleh Kankemenag Kabupaten Karanganyar disebut Anjangsana, dalam anjangsana tersebut Kepala Kankemenag, Musta’in Ahmad beserta Kasubbag, Kasi dan Penyelenggara mengunjungi beberapa pensiunan untuk bersilaturahim, (13/01). Ada tujuh belas pensiunan yang dikunjungi, dimana rata-rata sudah berusia lanjut diatas tujuh puluh tahun. Sambil silaturahim, tidak lupa rombongan dari Kankemenag membawa bingkisan besar sebagai buah tangan untuk pahlawan-pahlawan Kemenag di masa lalu.

Saat mengunjungi Eyang Samsuri, seorang pensiunan Kepala KUA yang sudah purna sejak tahun 1988, Kepala Kankemenag mengucapkan rasa terimakasihnya atas perjuangannya dimasa lalu. Menurut Musta’in, Kemenag masih eksis hingga sekarang berkat pendahulu-pendahulu yang sudah merintis dan bekerja dengan baik di masanya.

“Terimakasih Eyang, atas perjuangan dan pengabdian yang sudah dilakukan dahulu, saat ini kami yang masih muda-muda dapat bekerja dengan baik di Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar. Doakan kami agar dapat melanjutkan estafet perjuangan Dakwah dengan baik di masa sekarang,” ucapnya.

Menyinggung suasana peringatan HAB ke-70 Kementerian Agama tahun ini, Kakankemenag mengatakan pada para pensiunan bahwa gebyarnya tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya. Hal ini tidak luput dari perintah pusat yang menginstruksikan untuk menyelenggarakan HAB dengan cara sederhana.

Menanggapi obrolan dengan Kakankemenag dan para pejabatnya, Eyang Samsuri berkata bahwa pegawai sekarang sudah lebih sejahtera dari pendahulunya, oleh karenanya perlu banyak disyukuri dengan bekerja lebih baik lagi. Tidak lupa Eyang Samsuri berpesan agar syiar-syiar Islam di Kabupaten Karanganyar terus dipertahankan dan ditingkatkan. Menurutnya belakangan ini syiar-syiar yang berasal dari masjid mulai berkurang intensitasnya, misalnya suara-suara ngaji dari speaker masjid.

Selanjutnya silaturahim kepada pensiunan Kemenag dibagi tugas dengan pejabat lainnya. tercatat ada 17 pensiunan yang terbagi dalam enam Kecamatan yang dikunjungi tim dari Kankemenag Kabupaten Karanganyar. (Hd/gt)