Antusias Peserta Pawai Peringati Tahun Baru Muharram

BLORA – Puncak kegiatan Semarak memperingati 1 Muharram di lingkungan kankemenag Blora adalah Pawai Santri yang diikuti oleh 5000 Santri madrasah baik RA, MI,MTs maupun Aliyah dari 16 Kecamatan se-Kabupaten Blora pada kamis (21/9) yang dimuali di alun alun Blora menuju Blok T Bangkle dimulai pukul 08.30 WIB dengan penuh antusias.

Kegiatan pawai diawali dengan Upacara Penutupan Perkemahan Santri dan Pelajar di Alon-alon Blora, dan bertindak sebagai Pembina Upacara dan memberangkatkan peserta,Asisten Setda 2 Blora, Slamet Pamuji,SH yang merupakan Ketua Harian Gerakan Pramuka Kwarcab Blora Slamet Pamudji SH, M.Hum mewakili Kamabicab Blora Djoko Nugroho dari depan Pendopo Rumah Dinas Bupati.

Dalam amanatnya, Bupati Blora,Djoko Nugroho meminta maaf tidak bisa hadir langsung dalam kegiatan Semarak 1 Muharram 1439 H karena ada kegiatan dinas yang tidak bisa ditinggalkan. Dan menyampaikan bahwa kegiatan memperingati Tahun Baru Hijriyah ini merupakan kegiatan yang sangat positif dalam upaya mendukung Penguatan Pendidikan Karakter.

“Selamat Tahun Baru 1 Muharram 1439 H. Selamat dan sukses atas keberhasilan kemah santri dalam rangka semarak 1 Muharram 1439 H. Jadilah generasi yang kuat, tangguh, jujur dan berkarakter Pancasila,” tegasnya.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bisa dilaksanakan secara rutin agar gebyar Tahun Baru Hijriyah tidak kalah semaraknya dengan Tahun Baru Masehi”lanjutnya.

sementara itu, Kepala Kankemenag Blora,  Nuril Anwar menyampaikan bahwa kegiatan ini selain sebagai syiar Islam juga merupakan penanaman pendidikan karakter pada anak didik bahwa tahun baru Hijriyah merupakan tahun umat Muslim yang harus diperingati dan kreatifitasnya tercetak dalam sejarah,agar ada nilai nilai perjuangan dan syukur dalam menyambut tahun baru bagi Muslim.

Dalam Upacara penutupan ini sekaligus diumumkan sangga dan regu tergiat dalam Kemah Santri dan Pelajar, antara lain Sangga Tergiat I Putra : MA Kartayuda Wado, Sangga Tergiat II Putra: MAN Blora, Sangga Tergiat Putra III: MA Khozinatul Ulum Blora. Sangga Tergiat I Putri: MAN Blora, Sangga Tergiat II Putri: MA Kartayuda Wado, Sangga Tergiat III Putri: MA Darul Muna. Regu Tergiat I Putra: MTs. PSM Randublatung, Regu Tergiat II Putra: MTs Negeri Blora, Regu Tergiat III Putra: MTs. Al Ma’ruf Kartayuda Wado Kedungtuban, Regu Tergiat I Putri: MTs. Ma’arif 2 Blora, Regu Tergiat II Putri: MTs. Negeri Blora dan Regu Tergiat III Putri: MTs. PSM Randublatung.

Pawai Semarak 1 Muharram 1539 H diberangkatkan oleh Selamet Pamuji didampingi Kepala Kankemenag Blora, Nuril Anwar, Ketua panitia,HM Fatah, Plt Kasi Pendmad,Fathul Himam, ketua MTs hasyim Asyari,Solikin dan panitia.

“Jumlah pesertanya mencapai 4700 pelajar. Alhamdulillah berjalan lancar. Hal ini menunjukkan semangat kaum muslim dalam menyambut tahu baru Hijriyah,” terang HM Fatah,ketua panitia.

Sekitar 5000 peserta pawai menunjukkan atraksi dan kreatifitasnya untuk mengikuti pawai sebagai upaya syiar dan gebyar memperingati Muharram bagi masyarakat Blora.

Menurut panitia peserta terdiri dari 1.800 peserta dari Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah se Kabupaten Blora dengan atribut ciri khas Marching Band, Barongan dan Hadrohnya, 650 peserta dari Raudlatul Athfal di lingkungan Kota Blora, 400 peserta dari Madrasah Diniyah di lingkungan Kota Blora dengan ciri khas hadroh dan jedornya dan 1.950 peserta dari Madrasah Ibtidaiyah se Kabupaten Blora dengan atribut Marching Band, Hadroh dan Barongannya terlihat sangat antusias dan semangat . (Sholikin-Ima/bd).