Antusiasme Tinggi, Peserta Donor Darah Capai 50 Orang

Purworejo – Sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap sesama dan dalam rangka memeriahkan peringatan HAB ke-73, Kankemenag Kabupaten Purworejo bersama dengan PMI Cabang Purworejo menyelenggarakan Bakti Sosial Donor Darah, Kamis (27/12).

Acara yang diikuti pegawai Kemenag, pegawai KUA, guru madrasah, dan penyuluh ini dilaksanakan di Aula Kankemenag Kabupaten Purworejo dari pukul 9 hingga 12 siang. Tampak hadir dan berkesempatan menjadi pendonor, Kepala Kankemenag, Drs.H. Bambang Sucipto, M.Pd.I., didampingi oleh Kepala Subbagian Tata Usaha Drs. H. Farid Solihin, M.M.Pd.

Menurut Ketua Seksi Bakti Sosial HAB, H. Herman Susilo, S.Pd.I., sebanyak 50 orang telah mendaftarkan diri sebagai pendonor, namun delapan orang di antaranya batal karena tidak memenuhi persyaratan pada waktu cek kesehatan. Calon pendonor tersebut tidak lolos karena beberapa sebab, di antaranya hemoglobin atau tekanan darah yang terlalu rendah/tinggi, tengah menjalani perawatan kesehatan (belum lepas obat), dan kurang tidur.

“Antusiasme pendonor cukup tinggi, mencapai lima puluh orang. Namun karena beberapa sebab, sebagian di antaranya gagal diambil darahnya. Meskipun begitu, kami panitia pelaksana kegiatan menyampaikan terima kasih kepada semua peserta donor darah. Semoga gerakan baksos ini bermanfaat untuk kemanusiaan,” ujar Herman.

Sampai berakhirnya acara diperoleh sebanyak 42 kantong darah dengan rincian golongan darah A dan O masing-masing 17 kantong, sedangkan golongan darah B sebanyak 8 kantong.(umi-sgy/sua)