Anugrah Madrasah Terbaik Versi SNPDB 2021 

Semarang (Humas) – Bertempat di Ruang teleconfrence Kanwil Kemenag Jateng, Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta’in Ahmad menghadiri acara penyerahan Anugrah Madrasah Terbaik Versi SNPDB tahun 2021. Acara yang diadakan secara daring ini juga dihadiri oleh Direktur Jendral Pendidikan Islam, Prof. Dr. Phil Kamaruddin Amin, M.A , Direktorat kurikulum sarana kelembagaan dan kesiswaan Madrasah, Dr. H. A . Umar, MA. dan perwakilan dari praktisi pendidikan yaitu Najelaa Shihab pada Kamis (6/5).

Acara dibuka dengan dialog yang dipimpin oleh Ibu Najelaa Shihab sebagai praktisi pendidikan. Dalam pembukaan dialog, beliau menceritakan refleksi pengalaman dan harapan harapan kedepan bersama Madrasah. “Pada saat melihat madrasah, saya itu selalu melihat bahwa cita-cita kita sebagai pengelola madrasah Se-Indonesia itu sama sekali tidak sederhana,” ujar Najelaa. Najelaa berpendapat bahwa Tumbuhnya Kompetensi perubahan prilaku diluar kelas setelah lulus dari satuan pendidikan itu adalah sebuah cita cita kita yang harus kita wujudkan. Dan Najelaa menegaskan ujian kita dalam menentukan apakah madrasah kita sudah berprestasi itu bukanlah sekarang. Namun Najelaa berharap Insya Allah dalam 10 sampai 20 tahun lagi kita akan melihat bahwa madrasah sudah berhasil mendidik putra-putri kita.

Setelah Sesi pertama acara di lanjurkan dengan pembacaan penghargaan. 

Berikut ini daftar 15 MTs terbaik berdasarkan jumlah kelulusan terbanyak pada SNPDB 2021:
1. MTsN 1 Kota Gorontalo (28)
2. MTsN Samarinda (26)
3. MTs Terpadu Al-Ishlah Gorontalo (25)
4. MTsN 2 Kota Jambi (21)
5. MTs Ummusabri Kendari (21)6. MTsN 1 Lombok Timur (21)
7. MTsN 1 Surakarta (20)
8. MTsN 1 Alor (19)
9. MTsS Al-Fadilliyah Darussalam Jawa Barat (18)
10. MTsN 1 Kota Makassar (17)

11. MTsN 2 Majene Sulbar (17)
12. MTsN 1 Batam (16)
13. MTsN Mataram NTB (16)
14. MTsN 1 Halmahera Timur (15)
15. MTsN 2 Kota Palembang (14)

Setelah pembacaan penghargaan, acara dilanjutkan dengan dialog bersama Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ahmad Umar. Dalam dialognya Umar menjelaskan bahwa di samping apresiasi ini untuk memberikan penghargaan dan rasa syukur, yang kedua apresiasi ini  juga bermaksud untuk meberikan motivasi dan semangat kepada teman-teman dalam mengantarkan siswa siswi kita dalam berlaga menuju skala Nasional. (bqq)