Aparatur Kemenag Diminta Manfaatkan Media Sosial Dengan Baik

Karanganyar – Di era keterbukaan informasi publik yang tengah terjadi ini, media mengambil bagian penting dalam kehidupan manusia. Bahkan ada sebuah ungkapan yang menyatakan bahwa siapapun yang menguasai media, maka dia akan menjadi pemenang.

Hal tersebut disampaikan oleh Kasubbag Informasi dan Humas (Inmas) Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Afif Mundzier dalam kegiatan pembinaan administrasi kehumasan di Aula Kantor, (20/03). Acara yang bertemakan fungsi media sosial dan portal website dalam mengkomunikasikan keberhasilan Kementerian Agama ini dihadiri Kepala Kemenag, H. Musta’in Ahmad dan Kasubbag TU, H. Wiharso.

Pada kesempatan tersebut, Kasubbag Inmas Kanwil Kemenag Jateng mengajak semua ASN di Kemenag khususnya yang berada di Kabupaten Karanganyar untuk memanfaatkan media dengan baik, terutama media sosial. Menurutnya, dengan memaksimalkan penggunaan media sosial, dapat meningkatkan rating Kementerian Agama di hadapan masyarakat.

“Publikasikan kegiatan di Kemenag pada media sosial dengan baik. Itu akan merubah cara pandang masyarakat terhadap Kementerian Agama. Dengan begitu, maka rating Kementerian Agama akan meningkat,” jelas Afief.

Lebih lanjut Kasubbag Inmas mengatakan bahwa media sosial dapat dijadikan alternatif yang sangat bagus dalam menyebarkan informasi. Disamping biayanya yang sangat murah, media sosial juga sudah dijadikan kiblat media-media mainstream dalam menentukan arah pemberitaannya.

“Media mainstream itu mahal, saya pernah mengalaminya sendiri saat membuat publikasi Kanwil Kemenag Jateng, makanya kita sekarang bergeser ke media sosial. Terlebih saat ini media sosial dijadikan kiblat oleh media mainstream dalam menentukan arah pemberitaannya. Jadi kalau media sosial sesuatu itu baik, maka media mainstrem pun akan bicara baik,” tandasnya.

Di akhir pemaparannya, Kasubbag Inmas menegaskan bahwa humas adalah kebutuhan yang sangat strategis bagi sebuah institusi. “Dahulu humas dipandang sebelah mata, saat ini humas menjadi garda terdepan dalam menentukan citra sebuah institusi. Oleh karenanya penting bagi pemangku kebijakan untuk meningkatkan perhatiannya pada humas,” tegasnya.

Kegiatan ini diikuti oleh 40 pegawai yang berasal dari perwakilan Seksi/ Penyelenggara, Madrasah Negeri dan Swasta serta pegawai KUA. Setelah pembinaan, ada sebuah hal yang disepakati bersama, yaitu masing-masing peserta kegiatan membuat berita kegiatan setiap bulannya dan dikirim pada Humas Kemenag Karanganyar. (ida-hd/Wul)