Apel Pagi, Doa dan Menyapa Bersama ASN Kemenag Salatiga

Salatiga — Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Salatiga menyelenggarakan Kegiatan Apel Pagi, Doa, dan Menyapa Bersama ASN Kankemenag Kota Salatiga secara virtual melalui Zoom Meeting, Senin (09/08). Dikemas dalam suasana silaturahim pada masa Work From Home, melalui kegiatan ini,  ASN Kankemenag Kota Salatiga dapat saling menyapa dari jauh dan berdoa bersama. Kegiatan diikuti oleh Kasubbag TU, Kasi/Gara, ASN satu atap, Kepala KUA beserta staf, Penghulu, Penyuluh Agama Fungsional, Ketua Pokjawas, Kepala MAN, MTsN, dan MIN.

Kegiatan diawali dengan Doa yang dipimpin secara berurutan oleh Kasi Bimas Islam, Kepala KUA Sidorejo, dan Ketua Pokjaluh. Dalam doa-doa yang dipanjatkan terselip permohohan untuk keselamatan dan kesehatan warga Kota Salatiga serta untuk kemajuan institusi Kemenag Salatiga. Seperti yang dipanjatkan Kasi Bimas Islam, H. Nurcholis dalam doanya. “Mudah-mudahan acara ini bermanfaat guna meningkatkan integritas kami dalam pelaksanaan tugas, demi terwujudnya reformasi birokrasi di Kementerian Agama yang bebas dari korupsi, kolusi, dan segala bentuk penyimpangan yang lain, sebagai wujud pengabdian pada lembaga, institusi, dan masyarakat.”

Kemudian dilanjutkan dengan acara “Menyapa ASN Kankemenag Kota Salatiga” yang disampaikan oleh pejabat yang bertugas yaitu Kasubbag TU, Kasi PHU, Gara Kristen, Ketua Pokjawas, Kepala MAN, dan Ketua APRI Salatiga. Masing-masing diberikan waktu masksimal 5 menit untuk menyapa ASN Kankemenag dan melaporkan pelaksanaan tugas selama masa PPKM Darurat. Kasubbag TU, H. M Soleh Mubin melaporkan perkembangan ZI dan semua ASN di lingkungan Kankemenag Kota Salatiga harus mempersiapkan diri menghadapi tim penilai yang sudah disebar di berbagai wilayah.

Kepala Kankemenag Kota Salatiga dalam pembinaannya memaparkan 11 poin penting diantaranya mengenai Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443H, persiapan penilaian ZI, kedisiplinan pegawai, core values ASN Berakhlak, “berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, kolaboratif” dan employer branding “bangga melayani bangsa”.

“Nanti malam kita akan memasuki 1 Muharram 1443H. Kita akan mengaji bersama dalam kegiatan bertajuk Salatiga Menggapai Syifaul Qur’an di tengah pandemi covid-19. Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 H. Semoga kita dapat mengambil pelajaran banyak dari peristiwa hijrah Rasulullah dan para sahabat. Hijrah adalah menuju tatanan baru yg lebih baik dan jangan lupa untuk membaca doa akhir tahun dan awal tahun.” Jelas Taufiq. (Humas/Fitri-Khusnul)