Apel Santri Di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Inilah Doa Yang Dipanjatkan Kakankemenag

Kebumen – Tanggal 22 Oktober ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional HSN setelah keluarnya Keputusan Presiden nomor 22 Tahun 2015 oleh Presiden Joko Widodo. Upacara Bendera Peringatan Hari Santri 2021 dilaksanakan secara serentak pada tanggal 22 Oktober 2021 dengan tema “Santri Siaga Jiwa Raga” sebagaimana tema Peringatan Hari Santri 2021.

Dalam rangka pencegahan dan pengendalian COVID-19, Jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen melaksanakan upacara secara daring dan luring. Sebagian ASN dibawah komando Kepala Subbagian Tata Usaha H. Khamid mengikuti upacara hari santri secara virtual di aula Kankemenag, dan sebagaian lainnya mengikuti Apel Santri di halaman pendopo rumah dinas Bupati Kebumen, Jum’at(22/10).

Pada Apel Santri di halaman pendopo rumah dinas Bupati, bertindak sebagai Pembina apel Bupati Kebumen H. Arif Sugiyanto. Sementara Kepala Kankemenag H. Panut didaulat sebagai petugas doa.

Inilah doa lengkap yang dibacakan Kepala Kankemenag H. Panut di halaman Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen.

Ya Allah, Tuhan yang Maha Pengasih 

Di hari yang khidmat ini, di bawah langit-Mu yang teduh dan mentari-Mu yang cerah, perkenankanlah kami seluruh santri dan para kiai, guru, ulama, dan umara pemimpin negeri, beserta segenap elemen masyarakat, menunduk seraya menengadahkan tangan dan berdo’a di hadapan-Mu.

Puji syukur ke haribaan-Mu, atas segala rahmat, nikmat dan pertolongan-Mu, hingga kami bisa melaksanakan upacara untuk memperingati Hari Santri Nasional pada tanggal 22 Oktober 2021 ini.

Ya Allah, Tuhan yang Maha Penyayang

Limpahkanlah rahmat dan kasih sayang-Mu kepada kami, kepada para pahlawan, kepada para penggagas dan pejuang “Resolusi Jihad”, yang telah rela menjadi syuhada’ demi mempertahankan kedaulatan negara.

Mereka yang berkorban demi ibu pertiwi, mereka yang berjuang agar negeri ini tetap kokoh berdiri, peluk erat dan dekaplah mereka dalam lautan rahmat dan ampunan-Mu yang tiada bertepi.

Ya Allah, Tuhan yang Maha Memberi Petunjuk

Bimbinglah kami semua sebagai generasi penerus bangsa, agar dapat mewarisi negeri ini dengan sebaik-baiknya.

Ringankan langkah kaki kami, agar kami dapat berjihad membangun negeri ini dengan kekuatan iman, keluhuran moral, kemuliaan pengetahuan, keadilan hukum, dan kesejahteraan yang merata di seluruh pelosok negeri.

Ya Allah, Tuhan Tempat Kami Berlindung dan Mengadu

Selamatkanlah bangsa dan negeri kami dari perpecahan dan bencana. Hindarkan kami dari sifat dan mudah hasut, agar kami tidak mudah di adu domba dan terpecah belah.

Satukanlah hati kami dalam satu tujuan untuk membangun Bangsa Indonesia maju dan lebih baik lagi.

Wabah Covid-19 yang masih berlangsung sampai saat ini, juga semakin menyadarkan kami, betapa lemahnya kami tanpa pertolongan-Mu.

Karenanya ya Allah, dengan qudrat dan iradah-Mu mohon Engkau berkenan mengangkat wabah Covid-19 dari negeri tercinta ini.

Ya Allah, Tuhan yang Maha Memberi Ampunan

Ampunilah dosa dan khilaf kami, orang tua kami, kiai, guru dan ulama kami, pemimpin dan pahlawan, serta syuhada kami. Bimbing kami dan para pemimpin kami ke jalan yang Engkau ridhai.

Perkenankanlah Engkau kabulkan doa kami ini Ya Allah.

Apel Santri di halaman Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen dilaksanakan secara terbatas dengan protocol keshatan ketat dan dihadiri oleh Forkompimda, pimpinan ormas Islam dan perwakilan santri seputar kota Kebumen masing – masing 7 orang. (fz).