Apotik Hidup Rumahnya Toga

Slawi – Tanaman obat keluarga (Toga) disebut demikian karena Toga adalah singkatan dari tanaman obat yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan. Kebun tanaman obat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah – masalah kesehatan secara tradisional.

Bahwa obat yang berasal dari sumber bahan alami  dapat memberikan kesehatan bagi masyarakat yang memanfaatkanya dan tanpa efek samping. Pemanfaatan Toga yang digunakan untuk pengobatan gangguan kesehatan secara umum misalkan demam panas,  batuk ,dan masih banyak yang lainnya.

Untuk itu, MIN Slarang Kidul  membuat wadah khusus untuk menanam berbagai macam jenis Toga yang dinamakan Apotik Hidup. Tempat ini dimanfaatkan sebagai media pembelajaran bagi para siswa agar mempunyai bekal pengetahuan yang cukup mengenai obat yang berasal dari tumbuhan. Para siswa antusias memperhatikan penjelasan dari Guru yang sedang menjelaskan tentang jenis-jenis tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai obat beserta penyakit yang bisa disembuhkan, Senin (16/10)

Kepala MIN Slarang Kidul Alfiyah Siti Alfiyah berujar, Toga perlu dikenalkan sejak anak-anak, agar anak sedini mungkin mengetahui manfaat tanaman yang bisa digunakan sebagai obat.

“Pengenalan Toga sangat penting sekali karena manfaatnya banyak dan mudah ditemui di lingkungan sekitar. Selain itu juga mudah untuk ditanam di halaman rumah kita, jadi sewaktu – waktu dibutukan tinggal petik saja,“ucapnya.

Pengenalan dapat dilakukan dalam bentuk teori atau aktifitas langsung di lapangan, seperti yang dilakukan siswa – siswa MIN Slarang Kidul. Para siswa belajar mengenal jenis dan fungsi tanaman obat di Kebun Toga milik Madrasah yang dinamakan Apotik Hidup.

Salah satu siswa Nurul Sabrina Ramadhani mengatakan sangat semangat mempelajari Toga karena ternyata banyak tanaman yang tumbuh di sekitar rumah bisa dimanfaatkan sebagai obat.

“Saya senang dan tertarik banget ikut pembelajaran ini, karena setelah saya ngerti (Toga) itu apa, ternyata banyak tumbuhan di sekeliling rumah yang bisa jadi Toga. Belajar Toga itu asyik dan sangat bermanfaat,”pungkasnya. (AM/za/rf)