Arak-arakan api alam meriahkan peringatan Waisak

Magelang – Rombongan arak-arakan umat Buddha yang membawa air suci dan api alam dari Candi Mendut tampak meriah, kurang lebih 2000 peserta arak-arak mengular sepanjang jalan dan akhirnya memadati pelataran Candi Borobudur. Kemeriahan tersebut merupakan perayaan Dharmasanti dalam rangka Trisuci Waisak 2559 BE/ 2015 M (2/6), yang akan dilangsungkan di pelataran Candi Borobudur yang terletak di Kabupaten Magelang, dimana Borobudur merupakan bangunan di Indonesia yang masuk salah satu keajaiban dunia.

Arak-arakan pembawa air suci dan api alam bisa jadi paling meriah tahun ini, hal ini nyata saja karena diikuti oleh berbagai elemen dari umat Buddha dengan menggambarkan masing-masing profesi serta menunjukan hasil bumi yang disusun dalam berbeagai bentuk.

Sebelumnya, mulai dari pertengahan Mei lalu prosesi perayaan Waisah telah diawali dengan gerakan sosial seperti donor darah, pembersihan taman makam pahlawan, Pindapata, pengambilan air suci dari Umbul Juprit Temanggung, bakti sosial pengobatan gratis, pengambilan api alam dari api abadi Mrapen Grobogan dan akhirnya air suci dan api alam tersebut diarak dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur.

Sejak pagi panitia sibuk mempersiapkan perayaan Waisak di pelataran Candi Borobudur, pasalnya menurut rencana Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana serta beberapa menteri Kabinet Kerja akan hadir memeriahkan perayaan tersebut.

Rencananya perayaan Dharmasanti peringatan Trisuci Waisak akan dimulai pukul 19.00 malam ini. (gt)