“Asesmen” Anggota Baru Ekskul Pramuka dan PMR

Slawi – Dalam rangka menumbuh kembangkan karakter kepalangmerahan dan peran anggota Palang Merah Remaja  (PMR) melalui penerapan TRI Bakti, pendidik sebaya dan pendekatan ketrampilan hidup, juga pembekalan materi, pengetahuan, ketrampilan dan kecakapan di bidang kepramukaan dan kepemimpinan, MTs Negeri Model Babakan Lebaksiu pada hari Minggu (12/11) menggelar kegiatan pelantikan bersama  anggota PMR dan Pramuka Gugus depan 09.121-09.122.

Kegiatan yang dilaksanakan di Wrayan View dan Bendungan Tonjong Jatinegara Kab. Tegal diikuti oleh 125 anggota PMR dan 107 anggota Pramuka dengan suka cita.

Dalam pembukaan kegiatan, Ahmad Zahid selaku Wakil Kepala Bidang Kesiswaan mengatakan,“kami berharap setelah diadakan kegiatan ini peserta akan mempunyai kompetensi dasar untuk mengikuti program ekstra kurikuler khususnya Pramuka dan PMR, sehingga kedepan dapat membawa harum nama baik madrasah baik di Tingkat Kabupaten maupun Provinsi. Alhamdulillah pada tahun 2017 ini perwakilan Anggota PMR kita menjadi bagian dari Kontingen PMR Kabupaten Tegal meraih Peringkat Pertama pada Lomba PMR Tingkat Jawa Tengah.”

Sementara itu Siti Munawaroh selaku Ketua Panitia Pelantikan Anggota Baru PMR dan Pramuka menambahkan,“kegiatan pelantikan gabungan ini merupakan sesuatu yang baru, karena sebelumnya dilaksanakan tersendiri tiap ekskul, namun demikian hal ini tidak menjadi halangan, justru tambah semangat,”kata Munawaroh.

Secara umum tujuan kegiatan terbagi menjadi dua Pertama, untuk ekstra kurikuler PMR bertujuan untuk melatih fisik, mental dan kemampuan anggota PMR madya, melatih kemandirian dalam penyaluran bakat minat anggota PMR dan pramuka, mempererat tali silarahim dan kerjasama antar siswa MTs, menumbuh kembangkan jiwa kepemimpinan dalam PMR madya. Kedua, ektra kurikuler Pramuka bertujuan Memupuk rasa cinta terhadap alam (lingkungan hidup), Penanaman jiwa kepemimpinan, keberanian, kemandirian dan kreatifitas anggota Gerakan Pramuka, mempererat kekompakan, persahabatan, persaudaraan, persatuan, dan kesatuan di antara sesama anggota Gerakan Pramuka MTs. Negeri Model Babakan Tegal.

Adapun pada akhir kegiatan diadakan kegiatan semacam “asesmen” berupa pengujian syarat-syarat kecakapan khusus tingkat madya dan purwa dan juga pengujian syarat-syarat Kecakapan Umum Penggalang Rakit dan Terap,” tandas Siti Munawaroh. (byrs/za/rf)