ASN Harus Berkarakter

Pemalang – Menjelang tahun ajaran baru, 34 orang ASN guru di lingkungan Kankemenag Kabupaten Pemalang menerima SK mutasi. Penyerahan SK dilakukan saat apel pagi hari Senin (2/7) di halaman Kankemenag. Kepala Kankemenag selaku pembina apel menyerahkan secara langsung.

Sebagai pelayan masyarakat, ASN seyogyanya tidak bertugas di satu tempat saja. Secara pribadi, seorang ASN akan lebih baik jika tidak bertugas di satu tempat saja. Mutasi juga dalam rangka pembinaan. Dengan demikian ASN semakin banyak pengalaman yang pada akhirnya akan membentuk ASN yang tangguh.

“Ingat semuanya, pada waktu melamar CPNS ada pernyataan siap ditempatkan di mana saja. Ini untuk kepentingan pembinaan kepegawaian. Mutasi bukan hanya untuk guru saja, tapi yang lain juga. Penyerahan SK mutasi guru dilaksanakan sekarang dengan tujuan saat tahun ajaran baru sudah bisa bertugas di tempat yang baru,” kata Taufik dalam pembinaannya.

Dia meminta kepada guru yang baru menerima SK mutasi untuk segera melapor baik kepada pimpinan tempat tugas yang lama maupun yang baru. Di tempat tugas yang baru hendaknya menjaga nama baik pribadi dan nama baik instansi.

Menurutnya guru maupun pegawai harus mempunyai karakter, yaitu karakter moral dan karakter kinerja. Keduanya harus seimbang. ASN yang taat beribadah tapi kinerja jelek atau ASN berkinerja bagus tapi tidak taat beribadah, keduanya tidak baik.

Taufik meminta bagi ASN yang diserahi tugas mengurus keuangan di madrasah, untuk bekerja sesuai ketentuan. Apabila ada penyalahgunaan bantuan dari Pemerintah, untuk tidak mau melakukannya. Laporan pertanggungjawaban harus dibuat sesuai kenyataan dan ketentuan. Jika ada penyalahgunaan anggaran Pemerintah, dia meminta untuk dilaporkan kepada Kasi Pendidikan Madrasah.
Saat penyerahan SK, Kepala Kankemenag juga mengecek kelengkapan atribut ASN. Ada beberapa orang guru yang ditegur oleh dia karena tidak mengenakan atribut lengkap

“Sebagai ASN harus menampilkan yang terbaik, baik penampilan maupun kemampuan. ASN harus mengenakan atribut yang lengkap, jangan beralasan lupa. Yang berharap jadi ASN banyak, tapi Anda yang sudah jadi ASN malah mengabaikan kelengkapan atribut, itu tanda kurang bersyukur,” seru Taufik.

Apel pagi diikuti oleh seluruh pegawai jajaran Kankemenag Kabupaten Pemalang. Kepala MTsN 1 Pemalang, Kepala MIN 1 Pemalang, Kepala MIN 2 Pemalang, Pengawas Madrasah dan PAI, serta Penyuluh Agama Islam PNS se-Kabupaten Pemalang turut mengikuti apel. (fi/rf)