ASN Harus Memberikan Pelayanan Terbaik

Kendal – Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat ratusan ASN di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Kendal mengikuti pembinaan yang disampaikan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Selasa (26/3). Pembinaan yang berlangsung di Aula MAN Kendal ini diikuti oleh guru, kepala dan pengawas Madrasah serta jajaran staf di lingkungan Kankemenag Kendal.

Dalam sambutanya Kakanwil Jateng, Farhani menghimbau agar para ASN sebagai abdi negara memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, dengan menanamkan 5 nilai budaya kerja.

“Sudah tidak jamanya ASN berlaku sok kuasa, ASN harus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Dengan mengimplementasikan 5 nilai budaya kerja yaitu integritas, profesionalitas, inovasi, tanggungjawab, dan keteladanan,” ujarnya.

Pemerintah sudah berupaya secara maksimal memberikan kesejahteraan kepada ASN baik melalui gaji dan tunjangan kinerja atau tunjangan profesi guru sehingga tuntutan untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat tanpa pandang adalah sebuah keharusan.

Dijelaskan, sumber daya manusia ASN Kemenag di Jawa Tengah mencapai angka 27 ribu dan diperlukan sentuhan nilai agar sumber daya itu memiliki manfaat bagi masyarakat.

“ ASN Kemenag yang sejumlah 27 ribu diperlukan sentuhan nilai, hal itu tertuang dalam 5 budaya kerja kemenag,” imbuhnya

Farhani menilai, ASN memiliki posisi yang terhormat dan mulia terutama dalam usaha pencapaian visi dan misi yang dibebankan negara kepada kementerian, peningkatan implementasi agama dan kerukunan intra dan intern agama merupakan tugas mulia untuk ASN Kementerian Agama.

Sementara itu, upaya inovasi juga dapat dilakukan di tingkat madrasah dengan menonjolkan kreasi dan prestasi masing-masing. Farhani berharap kepada seluruh ASN dilingkungan Kementerian Agama kabupaten Kendal, senantiasa terus meningkatkan prestasi dalam berbagai bidang. Mengoptimalkan tugas dan fungsi setiap jajaran dalam rangka mencapai visi dan misi Kementerian Agama.

“Mari kita berinovasi dan meningkatkan kualitas SDM Kementerian Agama baik di bidang pendidikan dan yang lainya,” ungkapnya.

Selaras dengan Kakanwil, Kepala Kankemenag Kab. Kendal Saerozi sebelumnya menjelaskan bahwa mindset ASN perlu dirubah agar tetap reformasi birokrasi terus berjalan, ” pembinaan ini adalah salah satu upaya untuk merubah mindset ASN bahwa kita ada untuk melayani masyarakat bukat sebaliknya minta dilayani,” ujarnya (ja-bel/rf)