ASN Kankemenag Wonosobo Peringati Hari Pahlawan

Wonosobo – Peringatan Hari Pahlawan bertujuan untuk mengenang kembali jasa dan perjuangan para pahlawan. Demikian disampaikan Fajar Adhy Nugroho, Kabag TU Kanwil Kemenag Jateng saat bersamai ASN Kankemenag Wonosobo peringati Hari Pahlawan 10 Nopember di Aula Kankemenag Wonosobo, yang dihadiri kurang lebih empat puluh ASN dengan menerapkan protokol kesehatan. Rabu, (10/11).

“Peristiwa heroik di Surabaya tahun 1945 yang memakan banyak korban menjadi puncak dari perjuangan para pahlawan pada saat itu. Peristiwa tersebut  menjadi tonggak sejarah peringatan Hari Pahlawan yang menginspirasi kita semua untuk gelorakan semangat perjuangan ASN Kementerian Agama,” tandas Fajar.

Ia menambahkan, setiap masyarakat Indonesia seyogianya memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya dalam perjuangan untuk membangun Negeri sesuai dengan potensi dan profesi masing-masing,

“maksud dan tujuan memperingati Hari Pahlawan adalah untuk mengenang dan menghormati perjuangan para pahlawan dalam upaya membangun kesadaran kolektif untuk meneladani dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari,” tambah Fajar.

Selanjutnya, memberikan refleksi peringatan hari pahlawan, Kakankemenag Kab. Wonosobo, Ahmad Farid, menyampaikan bahwa peringatan hari pahlawan harus menginspirasi kita untuk perkuat persatuan dan kesatuan bangsa,

“dengan dilandasi semangat dan nilai kepahlawanan dalam bingkai Negara kesatuan Republik Indonesia, perbedaan yang ada didalamnya bukanlah suatu kelemahan yang harus disayangkan. Tetapi perbedaan dan keberagamaan yang ada sudah sepantasnya menjadi kekuatan terbesar untuk mempererat kesatuan dan persatuan,” kata Farid.

Sementara itu, Kasi PD Pontren Fakih Khusni, sampaikan bahwa peringatan hari Pahlawan tahun 2021 ini masih dalam situasi pandemi covid-19. Meski demikian semangat untuk memperingati hari bersejarah harus tetap bergelora, “menanamkan nilai-nilai kepahlawanan merupakan aksi nyata kinerja dari anak bangsa seperti membangun menggerakkan kesadaran berbangsa, diimplementasikan dalam kehidupan sehar-hari seperti tolong-menolong sesame atau gotong-royong sebagai bukti kesadaran menjaga kebersamaan,” kata Fakih.

Semangat kepahlawanan dapat ditunjukkan dengan cara meningkatkan prestasi, inovasi di berbagai bidang kehidupan dan memperkuat ketahanan NKRI. Fk-ws