ASN Kemenag Kebumen Dikenalkan Dengan SiEka

Kebumen – Sebanyak 45 ASN Kankemenag Kebumen dikenalkan dengan SiEka (Sistem Informasi Elektronik Kinerja ASN) di aula Mabin, Senin (13/8). SiEka ini merupakan aplikasi kepegawaian terbaru dari Kemenag yang berkaitan dengan laporan kinerja harian masing-masing ASN. 45 ASN tersebut merupakan perwakilan dari masing-masing ruangan untuk lebih mendalami aplikasi yang saat ini masih merupakan hal baru di lingkungan Kementerian Agama. 

Hadir membuka kegiatan Kasubbag TU, Hj. Suwaibatul Aslamiyah, dia menyampaikan bahwa dengan kemajuan teknologi informasi yang berkembang pesat saat ini, ASN Kemenag dituntut untuk bisa menggunakan komputer. “ASN kemenag saat ini harus bisa menggunakan perangkat komputer,” kata Suwaibatul.

Hal ini tidak ada alasan lain karena menyusul banyaknya aplikasi yang digunakan oleh pemerintah, utamanya di Kementerian Agama saat ini sudah puluhan aplikasi digunakan untuk menunjang kegiatan kantor. Sama halnya di bagian kepegawaian, semula ada operator khusus yang hanya memegang aplikasi kepegawaian. Namun saat ini ASN harus bisa memegang aplikasi sendiri seperti SiEka. Karena SiEka merupakan bentuk lain dari LCKH (Laporan Catatan Kinerja Harian) yang dulu dalam bentuk buku dan diisi secara manual oleh masing-masing ASN, dan SiEka ini teknologi elektronik yang terkoneksi dalam sebuah jaringan.

Kasubbag berharap seluruh ASN Kemenag Kebumen bisa menggunakan aplikasi ini secepat mungkin, setidaknya untuk tahap latihan terlebih dahulu.

“Mulai bulan Agustus tahun ini, kita coba sebagai langkah awal dengan latihan menggunakan SiEka,” ucapnya.

Karena menurut informasi dari kepegawaian, aplikasi ini akan resmi diterapkan mulai bulan Januari tahun depan. Selain itu Kasubbag juga menyampaikan bahwa penerapan apliaksi SiEka ini selain sebagai tuntuan kerja arus teknologi canggih, juga menunjang ASN untuk memperoleh haknya sebagai aparatur pemerintahan di Kementerian Agama.

“Ini terkait dengan pencapaian opini WTP, tunjangan kinerja kita yang semula 60% rencananya akan naik 70%,” tutur Kasubbag disambut ucapan amin peserta.(pt/sua)