ASN Kemenag sebagai Teladan bagi Masyarakat

Tegal – Aparatur Sipil Negara pada Kantor Kementerian Agama Kota Tegal, Rabu (26/04) menerima pembinaan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah. Pembinaan dilaksanakan di Aula Kankemenag setempat diikuti oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tegal, Kasubag TU, para Kasi, Kepala Madrasah Negeri, Pengawas, Kepala KUA, Penghulu dan Penyuluh.

Kepala Kantor  Kementerian Agama Kota Tegal, Ahmad Farhan menjelaskan, pembinan ini merupakan salah satu upaya untuk terus meningkatkan pengabdian kita kepada umat, kepada Kementerian Agama, bangsa dan negara serta sekaligus untuk meningkatkan pengabdian kita kepada Allah SWT. Selain itu diharapkan para ASN memiliki motivasi untuk meningkatkan kinerja lebih baik, semakin dekat melayani umat.

Farhan berharap dengan pembinaan ini dapat memberikan pencerahan, semangat dan motivasi pada para pegawai agar selalu meningkatkan pengabdian kepada masyarakat, meningkatkan profesionalisme dalam rangka membangun tata kelola yang baik, membangun kualitas pengabdian yang amanah, serta sebagai wahana silaturahmi antar ASN di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Tegal.

Dihadapan ASN Kankemenag Kota Tegal, Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Farhani mengingatkan, kita mempunyai organisasi Kementerian Agama yang didirikan oleh para pendahulu kita yang dirasakan sangat perlu adanya Departemen Agama. Berbagai pendapat yang mendukung dan kontra pendirian Departemen Agama sangat santer pada saat itu.

Tetapi karena begitu pentingnya tugas dan fungsi Kementerian Agama dalam pelayanan kehidupan beragama maka disepakati berdirinya Departemen Agama. Kita sebagai keluarga besar Kementerian Agama, harus bisa menjaga citra dan martabat kementerian Agama, bisa menjadi teladan bagi masyarakat.  “Kita sebagai aparatur Kementrian Agama harus bisa menjadi contoh di masyarakat,” tegas Farhani.

ASN Kementerian Agama  harus bisa melayani masyarakat dengan pelayanan yang prima sekaligus bangga menjadi bagian dari keluarga besar Kementerian Agama.

Farhani mengajak kepada para ASN untuk meningkatkan rasa syukur atas prestasi kinerja Kementerian Agama dalam menegakkan reformasi birokrasi hingga saat ini telah menerima tunjangan kinerja sebesar 60%, serta menjadi Kementerian berkinerja terbaik kedua dari seluruh kementerian/lembaga berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh SMRC beberapa waktu lalu. Prestasi lainnya dicontohkan kakanwil antara lain, meningkatnya indeks kepuasan jamaah mencapai angka 83,83, naik 1,16 point dari tahun sebelumnya.

Mengakhiri sambutannya, Kakanwil mengajak untuk terus berprestasi di segala lini baik madrasah, pondok pesantren, KUA, maupun kantor Kemenag meskipun dengan sarana prasarana yang kurang memadai. “Keterbatasan sarana prasarana bukan menjadi alasan untuk tidak berprestasi. Jadikan sebagai bukti bahwa dengan sarana prasarana terbatas pun bisa berprestasi,” pungkas Farhani. (fat/gt)