ASN Kementerian Agama Diajak Tetap Percaya Diri

Purbalingga – ASN dan jajaran pegawai di naungan Kankemenag Kabupaten Purbalingga perlu diingatkan untuk meningkatkan kembali semangat mereka usai Kementerian Agama diterpa isu yang berskala nasional beberapa waktu yang lalu. Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, Karsono saat memberikan sambutan pada kegiatan Tasyakuran Milad ke-41 dan Peresmian Gedung Baru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Purbalingga beberapa hari yang lalu.

Ia meminta para Kepala Madrasah Aliyah/Tsanawiyah Negeri selaku Kepala Satuan Kerja (Satker) serta tokoh-tokoh dan beberapa pejabat penting dari instansi lintas sektoral yang hadir untuk meyakinkan diri bahwa oknum-oknum yang bermain melanggar aturan tersebut hanya bagian kecil dari sebuah kementerian yang memiliki satker terbesar di Indonesia.

“Percayalah Kementerian Agama masih memiliki banyak orang-orang yang baik yang memiliki integritas. Jangan sampai Bapak/Ibu mengalami krisis identitas, karena jika itu terjadi bagaimana dengan umat kita,” tegasnya.

Karsono menandaskan, eksistensi Kementerian Agama sangat penting bagi bangsa Indonesia karena peranannya mengurusi hajat hidup orang banyak dari kelahiran hingga kematian. Sehingga keberadaannya masih sangat dibutuhkan.

“Negara ini masih membutuhkan Kementerian Agama. Hanya karena membawa label agama maka diibaratkan baju berwarna putih yang jika terkena noda sedikit saja noktah tersebut akan kelihatan. Berbeda dengan kementerian lain yang tidak berlabel agama,” jelasnya.

Ia pun mengajak keluarga besar Kementerian Agama yang hadir khususnya para ASN dan Kepala Madrasah untuk kembali menegakkan kepala, meningkatkan kembali rasa percaya diri sebagai bagian dari sebuah kementerian yang memiliki banyak jasa bagi bangsa ini.

“Melalui penilaian Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tunjangan Kinerja (Tukin) Pegawai di Kementerian Agama telah naik menjadi 70%. Tentunya ini juga sebuah penilaian yang baik baik atas prestasi kerja yang telah dilakukan,” jelasnya.

Menurutnya, dengan 4.559 Satker Kementerian Agama telah meraih penilaian di bidang laporan keuangan dengan capaian WTP (Wajar Tanpa Pengecualian). Meski bukan sebuah kesempurnaan karena perlu pembenahan dan peningkatan terus-menerus di berbagai bidang, hal tersebut merupakan capaian kinerja yang luar biasa dan patut dibanggakan.

“Pengelolaan ribuan satker yang tersebar di seluruh Indonesia tersebut bukanlah sebuah hal yang mudah. Sungguh sesuatu yang luar biasa. Maka capaian atas penilaian di bidang keuangan tersebut selain kita syukuri, patut menjadi sebuah kebanggaan,” pungkasnya.

Selain tasyakuran dan pengguntingan pita serta pelepasan balon, Milad ke-41 MAN Purbalingga yang digelar Sabtu (30/3/2019) tersebut juga dimeriahkan dengan Pentas Seni dan Pembagian Door Prize. (sar/bd)