ASN Perlu Mempersiapkan Diri Menjelang Penerapan SI EKA

Rembang – ASN di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang diminta menyiapkan diri menjelang penerapan Sistem Informasi Elektronik Kinerja ASN (SI EKA) sebagai kelanjutan dari Laporan Capaian Kinerja Harian ASN.

Demikian disampaikan oleh Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, Atho’illah dalam rapat koordinasi Bimas Islam dan Kepala KUA yang diadakan di kediaman Kepala KUA Sedan, M. Afiq, Kamis (26/7/2018).

Atho’illah mengatakan, segenap ASN Kemenag harus mempersiapkannya sejak dini. Mulai dari sarana hingga kualitas SDM. Atho’illah mengimbau, semua ASN, utamanya generasi tua harus menguasai IT. “Karena tanpa modal pengetahuan IT, kita tidak bisa melaporkan kinerja secara online,” ujar Atho’illah.

Dengan adanya si Eka ini, ASN agar semakin meningkatkan kinerjanya, mengingat ASN Kemenag sudah mendapatkan tunjangan kinerja. “Kami mengharap agar Si Eka ini menjadikan kita bekerja semakin profesional. Si Eka pula menjadikan kinerja kita terukur karena bisa diakses langsung oleh Pusat,” tandas Atho’illah.

Dalam rakor tersebut, Atho’illah juga menyampaikan suatu persoalan yang harus ditangani oleh KUA dan para penyuluh agama. Persoalan tersebut yaitu, komunitas punk yang sudah merambah hingga ke desa-desa. Bahkan, Kecamatan Sedan merupakan pusat berkumpulnya punk di Rembang.

“Ini adalah peristiwa di luar dugaan kita. Karena Sedan merupakan daerah yang religius, yang memiliki banyak pesantren. Namun justru menjadi sasaran nongkrong anak-anak punk,” ujarnya.

Fenomena ini agak sulit dihindari. Karena komunitas punk merupakan anak-anak dari luar kota Rembang. Menurutnya, salah satu yang bisa dilakukan adalah mencegah anak-anak dan remaja untuk tidak terseret ke dalam komunitas ini.

“Karena komunitas ini rentan dengan peredaran narkoba dan pergaulan bebas. Marilah kita jaga anak-anak kita agar tidak ikut dalam komunitas ini,” tegas Atho’illah.

Dalam kesempatan tersebut juga diadakan pamitan oleh Kepala KUA, M. Afiq yang akan berangkat haji pada 3 Agustus ini. Afiq meminta restu kepada segenap ASN Kemenag dan bisa menunaikan haji dengan lancar, serta pulang ke tanah air dengan selamat. — iq/bd