At Tarbiyah, Wadah Warior Berkreasi

Tegal (Slawi) – Selain teknologi informasi, majalah menjadi penting dan sentral pada era informasi yang serba cepat dan canggih seperti saat ini. Tak terkecuali keberadaan majalah At Tarbiyah yang dikelola oleh Warior (Wartawan Yunior) MTs Negeri 2 Tegal.

“Ekstrakurikuler jurnalistik merupakan salah satu ekskul yang cukup diminati oleh peserta didik, terutama bagi peserta didik yang hobi menulis dan ingin mendalami ilmu jurnalistik. Lewat At Tarbiyah, karya-karya mereka bisa dibaca oleh seluruh warga madrasah,” kata Jamroni melalui pesan yang diterima warior pada Selasa pagi (03/07).

Menurutnya, keberadaan majalah At Tarbiyah sangat penting bagi ekstrakurikuler jurnalistik, karena dapat menjadikan sarana ekspresi serta kreatifitas siswa yang erat kaitannya dengan mata pelajaran bahasa Indonesia.

Beliau juga menyinggung teknis penerbitan At Tarbiyah yang rencananya akan dibagikan kepada seluruh civitas akademika MTs Negeri 2 Tegal berbarengan dengan kegiatan masa taaruf siswa Madrasah (MATSAMA) pada awal tahun pelajaran 2018/2019.

“Nanti pada awal tahun pelajaran, seluruhnya akan di distribusikan oleh warior. Sehingga berbagai pengalaman akan mereka dapatkan selama penerbitan majalah ini,” ungkapnya.

Selama menangani At Tarbiyah, beliau juga menceritakan pengalamannya agar majalah yang diterbitkan oleh sebuah madrasah tetap eksis dan diminati oleh pembaca. Salah satunya mereka membentuk tim redaksi agar manajemen pengelolaan majalah lebih maksimal.

“Amat penting madrasah memiliki SK Tim Redaktur. Karena dengan diterbitkannya SK tersebut, diharapkan kinerja tim berjalan maksimal. Dengan demikian, majalah yang dikelola oleh madrasah, terutama At Tarbiyah ini bisa terbit tepat waktu, dengan konten dan perwajahan yang lebih berkualitas, dan elegan,” tutupnya. (akb/rf)