Bangun Capacity Building Madrasah melalui AKSIOMA

Wonogiri – Pendidikan madrasah ditujukan untuk membangun landasan bagi berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap dan kritis, kreatif, inovatif, mandiri, percaya diri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggungjawab.

Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan berbagai program yang antara lain adalah dalam bentuk kegiatan kesiswaan yaitu AKSIOMA (Ajang Kompetensi Seni dan Olah Raga Madrasah) dan kegiatan minat bakat lainya.

Poin-poin tersebut dilontarkan Kasi Pendidikan Madrasah, Ahmad Farid disela-sela acara Aksioma tingkat MI sekaligus dalam menyemarakkan HAB Kemenag ke-71 tahun 2017, Rabu (14/12) di lingkungan MIN Wonogiri yang di ikuti sekitar 1000 siswa MI se-Kabupaten Wonogiri.

Ahmad Farid mengungkapkan bahwa even AKSIOMA merupakan ikhtiar dalam mencari bibit unggul, sehingga mampu  mewujudkan revolusi mental bangsa melalui iman, ilmu dan amal secara seimbang serta kemampuan analitis, kritis, kompetitif dan inovatif, maka saatnya peserta didik madrasah di wonogiri harus berprestasi.

Ahmad Farid  berpesan agar kegiatan AKSIOMA seperti ini  bisa meningkatkan mutu pendidikan sains di madrasah secara komprehensif, menjadi ajang  membangun kemampuan (capacity building) serta bisa memupuk motivasi bagi siswa madrasah untuk terus mencintai dan bergairah mempelajari IPTEK sehingga pada gilirannya siswa madrasah mampu mengembangkan antara IPTEK dan IMTAK.

AKSIOMA bisa menjadi wahana bagi siswa madrasah untuk senantiasa mengembangkan bakat dan minat di bidang sains sehingga dapat berkreasi dan mencintai sains, memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional dan spiritual berdasarkan nilai-nilai islami.

Sedangkan menurut Ketua KKM MI Aris Suryanto walaupun tidak maju ke tingkat Provinsi namun animo dan antusias peserta didik luar biasa, Adapun bidang yang di lombakan dalam ajang Aksioma tersebut meliputi : MTQ, Pidato bahasa arab dan inggris, mars dan Hymne madrasah, lari, lomba Mapel PAI, matematika dan IPA, bercerita islami, dan kaligrafi. (Mursyid____Her/gt)