Banjir Peserta, Kemenag Wonosobo Sukses Gelar KSM

Wonosobo – Guna menunjang prestasi akademik Siswa Madrasah, Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo melalui Kasi Pais adakan Kompetisi Sains Madrasah atau KSM tingkat Kabupaten Wonosobo tahun 2018.

Acara tahunan yang selaras dengan Juknis No. 575 Dirjen Pendis Kementerian Agama Ri tersebut, di gelar di MAN 1 Wonosobo beberapa waktu yang lalu, yakni tepat pada hari Sabtu (12/5) kemarin, dan di ikuti sedikitnya ratusan peserta, yakni 464 Peserta, yang meliputi 169 Siswa MI, 225 Siswa MTs, dan 71 Siswa MA. 

Selain peserta, KSM juga di hadiri langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo, M. Thobiq. Dalam kesempatan tersebut, M. Thobiq memberi sambutan dengan mengatakan tentang urgensi pengetahuan sains oleh siswa Madrasah.

“Seluruh siswa yang menimba ilmu di Madrasah, dirasa tidak cukup hanya pinter ngaji, akan tetapi juga harus menguasai sains dan bisa di katakan multi skill dan multi knowledge. Oleh karena itu, KSM ini menjadi wahana yang pas bagi siswa MI, MTs maupun MA untuk berkompetisi dan mengukur diri sampai sejauh mana penguasaannya di bidang sains dan untuk terus menggali bidang keilmuan sains sehingga tidak hanya berkutat di keilmuan agama saja,“ ungkap Thobiq.

Sementara itu, Muslikh, selaku ketua panitia KSM saat di jumpai menyatakan, Kegiatan tersebut seusai dengan Juknis no. 575 Dirjen Pendis Kemenag RI.

“Tujuan diadakannya KSM tahun 2018, selain untuk memotivasi siswa Madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional dan spiritual, juga untuk memberi kesempatan yang sama bagi siswa Madrasah dalam belajar berkreativitas dan berprestasi. Hal itupun juga selaras dengan Juknis no. 575 Dirjen Pendis Kemenag RI.” tandas Muslikh.

Selanjutnya, usai di lakukan penjurian, di akhir kompetisi di dapati juara dari masing-masing mata pelajaran, yang sekaligus akan maju mewakili Kabupaten Wonosobo di tingkat Provinsi.

Adapun juara di bidangnya, untuk jenjang MI, juara 1 Matematika dan IPA, di boyong oleh MI Muh Kertek, kemudian untuk jenjang MTs, juara 1 cabang Matematika di peroleh oleh MTs Manbaul Anwar, kemudian  juara 1 IPA oleh MTs HS Lancar dan juara 1 IPS oleh MTs Maarif Sapuran. Selanjutnya, untuk jenjang tertinggi yakni MA, Juara 1 untuk cabang kompetisi Sains, Matematika, Fisika, Kimia, Ekonomi dan Biologi, semua di boyong oleh MA 2 Wonosobo dan untuk juara 1 Geografi oleh MA 1 Wonosobo. (PS-WS/SUA)