Banyumas Siap Ikuti KSM Tingkat Provinsi

BANYUMAS – Hingga Kemarin sore (25/04), Panitia Penyelenggaran Kompetisi Sains Madrasah dan Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (KSM-Aksioma) Tingkat MA baru menuntaskan perekapan nilai peserta kompetisi KSM. Ketua Panitia KSM-Aksioma Tingkat MA Tahun 2017, Affandie memastikan akan tuntas dalam hari ini untuk perekapan nilai kompetisi Aksioma.

“Karena banyak cabang lombanya, pesertanya juga banyak, jadi harap bersabar. Target kami hari ini tuntas,” kata Affandie.

Dia berharap khususnya peserta KSM, terus meningkat pengetahuan dan kemampuannya, sebab Mei ini akan digelar KSM tingkat provinsi. Sehingga waktu yang tersedia untuk menyiapkan diri tak banyak. “Agendanya Mei KSM tingkat provinsi,” imbuh Affandie.

Tercatat 94 siswa madrasah aliyah negeri/swasta mengikuti KSM dan Aksioma yang digelar mulai Senin kemarin (26/4). KSM untuk MA dilombakan mata pelajaran matematika, fisika, biologi, kimia, ekonomi, dan geografi. Dari hasil perekapan nilai, diperoleh para pemenang untuk setiap cabang sebagai berikut : mapel Matematika dimenangkan oleh Laelatuz Zuhriyah  MA MaNU Cilongok, Fisika Sri Mulyani MAN Sumpiuh, Kimia Nur Khanifah MA Al Ikhsan Beji, Kholifah Isnaeni MAN Sumpiuh, Ekonomi Muhimatul Arofah MAN 1 Purwokerto, dan Geografi Febri Tri Wahyuni MA Muhammadiyah Purwokerto.

“Pemenang akan diutus ke tingkat Provinsi Jawa Tengah. Mereka tidak lagi mewakili madrasahnya, tapi jadi utusan Banyumas. Kegiatan ini bertujuan menumbuhkan motivasi belajar siswa dalam meningkatkan prestasi akademik dan non akademik,” demikian Affandie.

Secara terpisah, Kasi Penma melalui staf Penma Mujiburohman menyampaikan bahwa para pemenang kompetisi KSM tingkat Kabupaten Banyumas akan menjadi duta KSM Banyumas pada KSM tingkat propinsi Jawa Tengah. Sesuai surat dari Ditjend Pendis, KSM tingkat propinsi dilaksanakan secara nasional serentak pada tanggal 24 Mei 2017. Pendaftaran dan upacara pembukaan KSM Tingkat Propinsi Jawa Tengah dilaksanakan pada tanggal 23 Mei 2017 di MAN Magelang.(hk/bd)