Bawaslu Kabupaten Batang Gelar Kegiatan Bawaslu Mengajar Di Madrasah Aliyah NU 01 Limpung

* Bawaslu Kab. Batang bersama Guru MA.NU 01 Limpung berpose bersama

Batang – MA.NU 01 Limpung bekerja sama dengan Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Kab. Batang menggelar program BAWASLU MENGAJAR pada Selasa (25/8). Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk pembelajaran demokrasi terhadap pelajar khususnya para generasi pemilih pemula dengan tema Pendidikan Politik dan Demokrasi Bagi Pemilih Pemula. Pelaksanaannya melalui zoom meeting dengan durasi  kurang lebih satu jam dimulai dari pukul 10.00 WIB.

Dalam sambutanya Ketua Bawaslu Kab. Batang Mahbrur, menyatakan bahwa program BAWASLU MENGAJAR ini merupakan program inovasi yang sudah ada sejak tahun 2020, dengan sasaran kegiatan yaitu seluruh satuan pendidikan di tingkat SMA/MA dan sederajatnya. Dengan tujuan membumikan pengawasan parsitipatif terhadap pemilu.

“Program Bawaslu Mengajar ini sebenarnya merupakan program inovasi yang sudah ada sejak tahu 2020 dimana sasarannya adalah SMA dan MA se kabupateb Batang tujuannya untuk membumikan pengawasan parsitipatif terhadap pemilu,” kata Mabrur.

* Suasana Zoom Meeting kegiatan Bawaslu Mengajar di MA. NU 01 Limpung yang diikuti para siswa

Adapun materi yang disajikan dalam kegiatan ini meliputi pendidikan politik, urgensi pendidikan politik, demokrasi elektoral, kerawanan pemilu, hal-hal yang merusak pemilu, fungsi bawaslu dan pentingnya pengawasan partisipatif. Materi tersebut disampaikan  oleh Koordinator Divisi Hukum Humas dan Data Informasi Bawaslu Kab. Batang  Hikmatun  dengan judul utamanya yaitu Mengawal Demokrasi Elektoral dengan Pengawasan Partisipatif oleh Pemilih Pemula.

” Saya merasa bangga serta bahagia bisa menyampaikan ilmu kepada adik-adik MANU 01 Limpung, serta berharap dengan adanya bawaslu mengajar ini akan membuat adik-adik mulai peduli dengan bangsa ini, tentunya dengan melek demokrasi dan terliterasi,” ujar Hikmatun

Peserta didik sangat antusias dalam mengikut kegiatan ini, walaupun tidak bisa bertatap muka secara langsung. Berbagai macam pertanyaanpun terlontarkan, atas dasar keingintahuan dan penasaran mereka terhadap demokrasi di Indonesia, seperti kasus money politic dan lain sebagainya.

Sementara itu Wakil Kepala Madrasah bidang Kesiswaan Ahmad Maskon dalam pernyataannya menyampaikan terima kasih kepada Bawaslu Kab. Batang yang telah memberikan kesempatan peserta didik belajar tentang demokrasi,

“ Madrasah menyampaikan terimakasih pada Bawaslu yang telah memberikan ilmu berharga pada para siswa, semoga kegiatan yang bermanfaat ini bisa terus diadakan dan mampu meningkatkan para pelajar atau pemilih pemula untuk lebih sadar akan demokrasi Indonesia,” pungkasnya. (Adinda/Zy)