Bazda Kota Tegal Bersiap Gelar Musda

Tegal – Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) Kota Tegal akan menggelar Musyawarah Daerah (Musda) Rabu, 18 Maret 2015. Berbagai persiapan jelang Musda kini tengah dilakukan. Berkenaan dengan persiapan pelaksanaan Musda tersebut pengurus Bazda Kota Tegal mengadakan rapat di Kankemenag, Kamis, (12/03).

Musda yang akan digelar di Gedung Adipura Komplek Balaikota Tegal nanti mengagendakan perubahan Bazda menjadi Baznas (Badan Amil Zakat Nasional). Perubahan Bazda ke Baznas sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 14 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan UU RI No. 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat. Dengan adanya perubahan dari Bazda ke Baznas maka diperlukan kepengurusan baru periode 2015-2018 yang akan dibentuk pada saat pelaksanaan Musda.

Kakankemenag H. Nuri Anwar, SH, MH selaku Ketua Umum Bazda dalam rapat kemarin menyampaikan bahwa dengan adanya pengurus baru, semua PNS di Kota Tegal nantinya bisa zakat atau infaq. Dalam hal ini Walikota akan mengeluarkan Edaran atau Perwali yang mengatur mengenai hal tersebut.

Sementara itu Hadi Mulyono, M. Pd Penyelenggara Syari’ah Kementerian Agama Kota Tegal selaku leading sector dalam pengelolaan Bazda mengatakan Musda nanti akan dibuka langsung oleh Walikota Tegal, Hj. Siti Mashita Suparmo. Melalui Musda ini akan dilakukan perubahan dari Bazda ke Baznas dan pembentukan kepengurusan baru.

“Perubahan Bazda ke Baznas, memenuhi Peraturan Pemerintah No. 14 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan UU RI No. 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat. Maka perlu kepengurusan baru periode 2015-2018”, terangnya.

Ditambahkannya sesuai petunjuk dari UU, Pemerintah Kota sebagai penggerak yaitu Sekretaris Daerah (Sekda) sebagai Ketua Umum dan Kepala Kankemenag sebagai Ketua I. Kepengurusan Baznas didukung dengan SKPD, Tokoh Agama, BUMN, Perusahanan dan Ormas Islam.

Saat ini Ketua Umum Bazda dipegang oleh Kakankemenag Kota Tegal, H. Nuril Anwar, SH, MH. Beliau menggantikan Sekda Kota Tegal selaku Ketua Umum. Pergantian tersebut disebabkan Sekda Kota Tegal telah memasuki masa pensiun. Dengan digelarnya Musda nanti selain bakal ada perubahan dari Bazda ke Baznas, juga akan terbentuk kepengurusan Baznas Kota Tegal periode 2015-2018.(lil)