Bazda Rembang Serahkan Bantuan Ambulance Dan Rumah Sehat

Rembang — Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) Rembang menyerahkan bantuan satu unit mobil ambulance dan rumah sehat kepada 14 orang. Bantuan ini merupakan penyaluran dana infaq Bazda periode Juli-Desember 2014 dan Januari-maret 2014.

Serah terima tersebut dilakukan secara simbolik oleh Ketua Umum Bazda Rembang, H. Hamzah Fathoni, SH, M.Kn. Satu unit mobil ambulance tersebut diserahkan kepada Camat Karagan, didampingi oleh Kepala KUA Kragan, H. Amin Musa. Sementara bantuan rumah sehat diberikan kepada 14 orang miskin dari 14 kecamatan di Kabupaten Rembang.

Hamzah mengatakan, dengan adanya mobil ambulance senilai Rp 142 juta bermerek Granmax ini, maka jumlah ambulance Bazda menjadi dua. Satu Ambulance yang telah beroperasi selama ini dirasa masih kurang mencukupi kebutuhan masyarakat. “Karena banyaknya permintaan dari masyarakat, maka kami perlu menambah satu unit ambulance lagi,” katanya.

Ambulance ini akan melayani masyarakat Rembang timur seperti daerah Sluke, Kragan, Sarang, dan Sedan. Sementara ambulance sebelumnya untuk wilayah Rembang Barat. Beliau berharap, ke depan bisa menambah unit lagi, sehingga pelayanan terhadap kebutuhan masyarakat Rembang bisa merata.

Beliau menandaskan, pelayanan ambulance ini sifatnya gratis. Kendati demikian, beliau mempersilakan masyarakat yang ingin suka rela memberikan infaq untuk biaya perawatan dan operasional ambulance ini.

Kepala Divisi Distribusi Bazda, Drs. Jasim mengatakan, pengelolaan ambulance ini akan diserahkan kepada Baz Kecamatan Kragan. Beliau juga berharap, ke depan, Bazda mampu menyediakan ambulance di setiap kecamatan.

Sementara bantuan rumah sehat diberikan kepada 14 orang dari 14 Kecamatan di Rembang. Sebelumnya, 14 orang ini telah disurvei oleh panitia atas kelayakannya memperoleh bantuan. Beberapa kriteria untuk memperoleh bantuan ini adalah kondisi rumah yang tidak berubin, dinding dari bambu, dan atap yang tidak permanen.

Jasim mengatakan, bantuan senilai 10 juta per orang ini akan dimintai laporan pertanggung jawabannya. Salah satunya adalah menyertakan foto sebelum dan sesudah rehab rumah. —Shofatus Shodiqoh