Baznas Grobogan Selenggarakan Seleksi Calon Pimpinan

Grobogan – Jabatan pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Kabupaten Grobogan ternyata banyak diminati tokoh masyarakat dan tokoh agama. Senin (30/01) kemarin, dalam rektrutmen yang diselenggarakan ada sebelas nama calon ketua dan wakilnya yang mengikuti seleksi.

Sebelas peserta calon pimpinan Baznas Kabupaten Grobogan tersebut mengikuti seleksi tertulis dan seleksi wawancara yang dilaksanakan di Gedung Sekretriat Daerah Kabupaten Grobogan.

Pemilihan pimpinan Baznas tersebut mengacu pada Peraturan Badan Amil Zakat Nasional Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Tata Cara Pengajuan Pertimbangan Pengangkatan/Pemberhentian Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional Provinsi dan Badan Amil Zakat Kabupaten/Kota.

Hasil seleksi pimpinan tersebut nantinya akan menjabat sebagai pimpinan Baznas Kabupaten Grobogan periode 2017-2022.

“Peserta seleksi pimpinan ini diikuti oleh 11 orang yang mendaftar. Dari sebelas orang tersebut dipilih 8 orang untuk diajukan ke Bupati untuk mendapatkan rekomendasi untuk menjadi 5 orang pimpinan, dalam posisi satu ketua dan empat orang wakil,” terang Sekretaris Baznas Kab. Grobogan Abdur Rouf yang juga sebagai tim penguji.

“Hasil tes tersebut nantinya akan diumumkan langsung setelah tes selesai, namun hasil tersebut belum final karena hasil tes tersebut serta administarsi lainya akan kita kirimkan ke Baznas pusat dan kemudian akan di-SK-kan oleh Bupati Grobogan,” imbuhnya kemudian.

Penguji seleksi pimpinan Baznas Grobogan tersebut antara lain Kepala Kankemenag Kab. Grobogan, Ketua MUI, perwakilan pengurus Baznas Kabupaten periode sebelumnya, Asissten Bupati (Asisten Satu dan Dua) dan juga Kepala Bagian Kesra Setda Kab. Grobogan.

Adapun materi seleksi meliputi bidang fiqh zakat, regulasi zakat di Indonesia, pemberdayaan zakat manajemen zakat dan publik specking khusus untuk wawancara.

Adapun nama-nama peserta tes yang merupakan ulama, tokoh masyarakat dan tenaga profesional di Kabupaten Grobogan tersebut  beberapa diantaranya: Musafak Ahmad, Niam Sukri, Muh Amin, Muchammad Mahbub, Suwoto, Widiyanto, Eko Suprapto, dan Joko MP. (bd-pr/gt)