BAZNAS Kab Pati Susun Program Kerja Tahun 2017

Pati – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kab. Pati mengadakan rapat kerja di ruang rapat kantor kemenag Kab. Pati, Selasa (7/2). Rapat membahas koordinasi antar pengurus dan merancang program kerja untuk tahun 2017. Hadir dalam rapat kerja Pelaksana tugas Ketua Baznas Kab. Pati, Imam Zarkasi diikuti semua unsur di Baznas Kab. Pati maupun pengurus UPZ Baznas kecamatan.

“Diharapkan dengan adanya rapat kerja ini dapat mewujudkan pengelolaan zakat, infak, dan sedekah yang amanah dan profesional,” katanya

Rapat penyusunan program menghasilkan beberapa program kegiatan tahun 2017 yaitu :
1. Membangun kepercayaan masyarakat kepada Amil

2.Mengoptimalkan tugas Amil sesuai surat keputusan Bupati.

3.Menambah jumlah pemasukan ZIS

4.Mentashorufkan/mendayagunakan hasil pengumpulan ZIS sesuai  dengan ketentuan.

5.Memfungsikan dan menertibkan sekretariat Kantor BAZNAS Kabupaten Pati.

Langkah-langkah kegiatannya dijabarkan pada Seksi Pengumpulan. 1. Melanjutkan kegiatan sosialisasi syariat zakat dan Undang-undang No. 38 tahun 1999 tentang pengelolaan zakat ke instansi pemerintah, BUMN, BUMD dan perusahaan swasta antara lain: Sosialisasi untuk para pimpinan Satker Bendahara (UPZ) unit pengumpul zakat di Kabupaten Pati dengan pilihan 2,5 , 2, 1,5%, 1%, Sosialisasi kepada PNS, Guru dan karyawan, TNI POLRI, anggota DPRD, dan lingkungan Kemenag serta Sosialisasi ke lembaga-lembaga pemerintah BUMN, BUMD dan Perusahaan swasta ke Tingkat Kecamatan se Kabupaten Pati, 2. Melakukan penghitungan ulang dan pengembangan data Muzaki-Munfiq-Musodiq untuk PNS-Warga Masyarakat, 3. Menyelenggarakan pertemuan Ulama’ dan Umara’ dalam acara sarasehan setiap bulan dan mengadakan koordinasi dengan Instansi terkait, 4. Menyelenggarakan bulan Amal pada bulan Ramadhan.

Pada akhirnya dari hasil rapat kerja beberapa seksi yaitu 1. Seksi Pendayagunaan, 2, seksi Pendistribusian 3. seksi pengembangan, dari seksi untuk mengoptimalkan mengembangkan tugas masing-masing sesuai tugas masing-masing. (Athi’/bd)