BAZNAS Kota Surakarta dan Klinik Sehatti Gelar Khitanan Massal

Surakarta – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Surakarta mengadakan kegiatan khitanan massal pada Ahad, (1/7) di Aula Kantor Kemenag Kota Surakarta. Dalam kegiatan itu, 60 peserta mengikuti khitanan massal secara gratis. Para peserta merupakan siswa laki-laki dari keluarga dhuafa, yatim, atupun umum yang berasal dari daerah Kota Surakarta dan sekitarnya.

Ketua BAZNAS Kota Surakarta Hidayatullah Rosyidi mengatakan bahwa kegiatan khitanan massal tersebut adalah agenda BAZNAS Kota Surakarta yang bekerjasama dengan Klinik Sehatti Banyuanyar dan didukung oleh Laznas BSM dan Bank Jateng Syariah. Salah satu tujuan kegiatan khitan adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya insani dengan melakukan pembinaan, baik dari jasmani maupun rohani sehingga terwujud anak yang sholeh, sehat, dan kuat.

“Kami  mengharapkan dengan program ini masyarakat kurang mampu bisa menjalankan ketentuan agama yang dianjurkan tanpa merasa terbebani oleh biaya. Semoga tahun depan bisa kembali mengadakan acara serupa dan kerja sama ini terus terjalin” ujarnya.

Kegiatan khitanan massal ini dihadiri dan dibuka oleh Walikota Surakarta yang diwakili oleh Kabag Kesra Pemkot Surakarta Drs. Agus Santoso, MM. Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Surakarta yang pada kesempatan tersebut diwakili oleh Penyelenggara Syariah, Charis Muannis.

Walikota Surakarta dalam sambutan tertulisnya sangat mengapresiasi kegiatan khitanan massal yang digagas oleh BAZNAS Surakarta yang bekerjasama dengan Klinik Sehatti.

“Ini wujud nyata peran BAZNAS terhadap Kota Surakarta dan masyarakatnya, khususnya bagi keluarga dari kaum dhuafa,” ucapnya.

Sementara itu, Dokter Wahyu Dwiatmoko selaku perwakilan dari klinik Sehatti menyampaikan bahwa khitan tersebut sangat penting bagi kesehatan seorang anak yang dapat mencegah dari berbagi penyakit kelamin. Dalam khitanan massal ini, sebanyak 20 petugas medis telah disiapkan dari Klinik Sehatti Banyuanyar Solo. Selain gratis, peserta khitan massal juga mendapatkan paket bingkisan berupa sarung dan peci serta uang santunan. (rma/Wul)