Baznas Salurkan Bantuan Ekonomi Produktif

Magelang – Perhatian Baznas Provinsi Jawa Tengah semakin dapat dirasakan bagi kalangan umat Islam di Jawa Tengah. Salah satunya dirasakan jamaah Majelis Taklim Al-Hidayah dusun Gantang desa Gantang kecamatan Sawangan, kabupaten Magelang.

Kepala Kantor Kemenag Kab. Magelang Kudaifah, menyerahkan dana bantuan sebesar  Rp 15.000.000,00 (lima belas juta rupiah) kegiatan pembinaan mustahiq Program Bantuan Penyuluh Agama Islam Pendamping Zakat Produktif  Baznas Provinsi Jawa Tengah kepada Majelis Taklim Al Hidayah, di KUA Kec. Sawangan, Selasa (14/02).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kades Gantang Kardinal, Kasi Kesra Kecamatan Sawangan Waliyati, Kasi Bimas Islam Hanif Hanani, Kepala KUA Sawangan Mustamid, Penyuluh Agama Islam Non PNS, Perangkat Desa Gantang, dan perwakilan jamaah Al Hidayah.

Kudaifah memberikan apresiasi atas ketepatan waktu pelaksanaan kegiatan pentasyarufan bantuan. Hal tersebut menegaskan makna harfiyah tepat waktu dalam kegiatan ibadah atau sosial mengandung barokah.

Kudaifah mengajak kepada yang hadir untuk bahwa bersyukur dan kesungguhan menerima amanat bantuan menjadi salah satu terbukanya rizqi yang lainnya. Hal ini dengan tujuan agar pemanfaatan bantuan Baznas Provinsi Jawa Tengah ini dilaksanakan sebaik mungkin dan displin, terutama untuk kegiatan simpan pinjam dan penggemukan sapi bergulir.

Kudaifah juga menyoroti perihal ukhuwah Islamiyah di Indonesia kini sedang diuji yakni kesadarannya menerima perbedaan. Ia mengibaratkan umat Islam itu satu bangunan yang saling menguatkan, agar kesatuan  dan kedamaian selalu dijaga khususnya di wilayah Sawangan

Program bantuan Baznas Provinsi Jateng tersebut diprogramkan untuk membantu peningkatan taraf ekonomi jamaah muslim minoritas dan berharap menjadi motivasi beragama Islam dengan baik. Dalam realisasinya akan dilakukan dalam tiga program yaitu untuk penggemukan sapi bergulir, penambahan modal simpan pinjam, dan penambahan modal usaha pembibitan tanaman pertanian oleh ustadz TPQ Al-Hidayah. Meraka akan mendapatkan pelatihan lifeskill bidang peternakan dan koperasi bekerjasama dengan Dinas Peternakan dan Tim Penggerak PKK Kecamatan Sawangan.

Kepala desa Gantang Kardinal, mengucapkan terima kasih atas perhatian dan bantuan yang diterimakan secara langsung kepada jamaah, seraya berharap ke depan muslimin-muslimat desa Gantang mampu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Swt dan berkemandirian secara ekonomi. (atok/ft/m45k/Af)