Beasiswa Sebagai Penghargaan Bagi Hafidz – Hafidzoh

Brebes – Menanamkan nilai – nilai Al Qur’an pada saat ini memang tidak mudah apalagi melihat arus globalisasi yang ada , bisa saja kalau siswa siswi tidak mempunyai bekal agama yang cukup kuat akan tergerus dengan globalisassi yang menghadang didepan mata  , namun tidak demikian dengan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Brebes, yang ada di Laren, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, dalam upaya memotifasi dan menghadapi arus globalisasi tersebut sudah tiga tahun ini membebaskan biaya pendidikan bagi siswa yang hafal Al-Quran.

Kepala MAN 2 Brebes, Nurhayati mengatakan, pembebasan biaya pendidikan atau beasiswa diberikan sebagai penghargaan bagi anak-anak hafal Al-Quran mulai dari lima juz hingga 30 juz.

“Beasiswa bagi para penghafal Al-Quran ini sudah berlangsung sejak tiga tahun lalu,” kata Nurhayati.

Bahkan tahun ini dua siswanya yang mengikuti Ujian Nasional tahun 2017 sudah hafal 30 juz, jumlah siswa siswi yang ada di Madrasah kami yang hafal 5 juz keatas sudah mencapai 20 anak ,

Hal tersebut juga didukung oleh lingkungan Madrasah yang berdekatan Pesantren Tahfidzul Qur’an yang ada di wilayahnya, sehingga anak anak bisa mudawamah ( langgeng ) dalam belajar menghafal Al Qur’an .

Lebih lanjut Nur menjelaskan, para penghafal Al-Quran merupakan anak-anak yang cerdas dan berprestasi sehingga layak mendapatkan penghargaan. Anak-anak penghafal Al-Quran juga selalu membanggakan karena budi pekertinya baik dan juga disiplin.

“Mampu menghafal Al-Quran berarti cerdas dan akhlak atau budi pekertinya biasanya juga sangat baik dan itu kebanggan bagi kami,” ujarnya.

 Saat ini dari sekitar 300 siswa siswi baru MAN 2 Brebes, sangat kami prioritaskan bagi yang hafal Al Qur’an, bahkan dari daftar  penerimaan siswa baru ada satu siswa yng sudah hafal 20 juz  Al Qur’an. Setiap tahun ajaran baru pihaknya juga mendorong anak-anak yang hafal Al-Quran untuk dapat bersekolah di MAN 2 Brebes.

Perhatian terhadap siswa penghafal Al-Quran juga terus dilakukan dengan bimbingan dan pengarahan sampai dapat melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi (PT). Terlebih saat ini banyak PT yang juga memberikan beasiswa bagi penghafal Al-Quran.

“Kami bimbing agar dapat terus melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi, atau juga yang minat dapat melamar di intitusi pemerintah seperti Polri dan TNI yang juga memberikan peluang besar bagi yang hafal Al-Quran,”ujar Nurhayati.

Sementara itu, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan MAN 2 Brebes, Asikin  menuturkan, pihaknya juga melakukan bimbingan khusus bagi siswa-siswa penghafal Al-Quran untuk terus menghafal. Di antaranya melakukan kerja sama dengan pesantren khusus tahfidz yang letaknya dekat dengan sekolah.

“Adanya kerja sama itu, membuat siswa-siswa selain dapat mempertahankan hafalannya juga bisa menyelesaikannya sampai 30 juz,” tuturnya.(oim/rf).