Bedah Kisi-kisi USBN Tingkatkan Pemahaman Guru PAI

Karanganyar – Kiat sukses dalam Ujian Sekolah Berstandar Nasional PAI (USBN PAI) se-Kabupaten Karanganyar, Kemenag Karanganyar melalui seksi PAKIS menggelar bedah kisi kisi soal PAI di gedung PKG Kecamatan Karangpandan, Selasa 10 April 2018, yang diikuti oleh perwakilan guru PAI SD se-Kabupaten Karanganyar dan pengurus KKG-PAI Kecamatan se Kabupaten dan Pengurus Harian KKG-PAI Kabupaten Karanganyar.

Muhtadi, Kasi PAKIS Kemenag Karanganyar menyampaikan bahwa acara bedah kisi kisi USBN-PAI SD ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman GPAI SD dalam memberikan prediksi soal baik melalui soal-soal tahun yang lalu maupun materi soal yang penting untuk disampaikan kepada siswa sehingga hasil Ujian Sekolah Berstandar Nasional PAI  tahun 2018 ini bisa tercapai lancar dan sukses.

“Bedah kisi kisi USBN-PAI SD dapat meningkatkan pemahaman GPAI SD dalam memberikan prediksi soal baik melalui soal-soal tahun yang lalu maupun materi soal yang penting untuk disampaikan kepada siswa sehingga hasil Ujian Akhir Berstandar Nasional PAI  tahun 2018 bisa tercapai lancar dan sukses,” kata Muhtadi.

Muhtadi, juga mengharapkan GPAI se-Kabupaten Karanganyar, dapat mempedomani kisi kisi USBN-PAI SD tersebut sehingga tidak terjadi kerancuan materi PAI. Selain itu  agar GPAI Se-Kabupaten Karanganyar ada keseragaman pemahaman materi dan soal PAI yang bermanfaat bagi siswa sehingga pelaksanaan Ujian Akhir Berstandar Nasional PAI  tahun 2018 tercapai maksimal.

“Melalui kegiatan Bedah Kisi-kisi ini diharapkan menjadi media komunikasi antara GPAI dan siswa untuk persiapan menghadapi USBN PAI SD” paparnya.

Sri Wiyanto, Kasi SD Kantor Disdikbud Kab. Karanganyar, sangat mendukung kegiatan Bedah kisi kisi USBN-PAI SD, lanjutanya beliau menjelaskan agar pendidikan agama benar-benar dilaksanakan  di Sekolah Dasar secara maksimal, bahkan pada jam ke 0 / sebelum pelajaran dimulai, diberikan drill hafalan surat-surat pendek, do`a harian dan pembiasaan 5 S (senyum salam sapa sopan santun) sesuai dengan kurikulum PAI, dalam rangka memperkuat pendidikan karakter bagi peserta didik di Sekolah Dasar

Tutorial pembimbing bedah kisi kisi PAI Karanganyar, Kunti, memaparkan tentang kisi kisi USBN PAI 2018, standar kompetensi kelulusan maupun materi soal yang sudah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya juga dari  prediksi materi soal yang perlu siswa pahami sehingga dapat dijadikan sebagai acuan GPAI dalam menyampaikan materi soal. Kunti, menambahkan GPAI harus memahami materi PAI, dan guru PAI bisa menyampaikan materi ke siswa dengan baik dan tepat. Kunti Menambahkan selain itu Guru harus memahami tehnik penilaian kurikulum 2013 dengan model HOTS yang saat ini mulai diaplikasi / diterapkan sejak jenjang SD. Tehnik penilaian ini memerlukan pemahaman yang mendalam bagi GPAI tentang level kognitif mulai dari C-1 sampai C-6. sehingga siswa dalam melaksanakan ujian dapat memperoleh  hasil optimal”. (rr-hd/Wul)