Belajar Tanaman Dengan Outing Class

Surakarta – Bertepatan dengan tema “tanaman” yang menjadi pokok bahasan kegiatan belajar mengajar, calon hafidz / hafidzah RA Palma melakukan outing class dengan mengunjungi rumah kaca, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret pada hari Kamis (1/11). Kegiatan ini sekaligus menjadi puncak tema pembelajaran tentang tanaman.

Tepat pukul 08.00 WIB sebanyak 88 siswa dari 5 kelas baik kelompok A, kelompok B, dan Kelompok Taman memenuhi rumah kaca, Fakultas Pertanian, UNS. Rumah kaca yang dituju adalah rumah kaca yang khusus untuk tanaman hidroponik. Mereka didampingi sebelas guru, satu humas fakultas pertanian, satu pegawai rumah kaca, dan enam mahasiswa Fakultas Pertanian UNS. Para siswa diminta melihat dan mengamati apa saja yang ada di dalam rumah kaca. Selanjutnya siswa diajak berkeliling rumah kaca untuk melihat tanaman hidroponik dan mendengarkan penjelasan dari mahasiswa pendamping outingclass. Diantaranya tentang media tanam hidroponik, cara menanam tanaman secara hidroponik, tanaman yang bisa ditanam secara hidroponik, seperti bayam, thailand, sawi sendok, selada, kangkung. Siswa juga diperlihatkan hasil dari tanaman hidroponik, mulai dari akar, batang, dan daun. Setelah itu, siswa berlatih cara menanam bayam dengan media sekam arang.

Menurut salah seorang guru yang ikut mendampingi para siswa, Khusnul Hidayah, kunjungan ini selain mengenalkan siswa tentang tanaman, bagian-bagian tanaman, media tanam hidroponik dengan beraneka variasi, juga merupakan pembelajaran bagi siswa, terutama bertanam secara hidroponik yang menghemat tempat. Diharapkan nantinya ada tindak lanjut dari kegiatan ini, baik bagi siswa sendiri maupun bagi pihak sekolah sebagai sebuah program yang positif.

Pendamping dari FP UNS mengatakan, kunjungan ini menyenangkan dan bermanfaat bagi mereka. Salah satunya adalah Suratno,  humas Fakultas Pertanian, memberikan respon baik terhadap adanya outingclass dari siswa RA PALMA, “Kami dari Fakultas Pertanian merasa bersyukur ada perhatian dari masyarakat bahwasanya kami bermanfaat bagi masyarakat.” Selain itu dalam memberikan layanan Fakultas Pertanian UNS juga tidak memungut biaya alias gratis.

Kegiatan outingclass hari ini ditutup dengan pemberian kenang-kenangan dan foto bersama. Semoga ilmu yang disampaikan kepada siswa RA Palma hari ini menjadi ilmu yang bermanfaat sepanjang hayat. (rma/bd)