Bentuk Jiwa Kepemimpinan Melalui LDK

Rembang – Sebanyak 40 peserta didik MTsN 1 Rembang ditempa selama dua hari mengikuti rangkaian kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) di lingkungan MTsN 1 Rembang. Mereka adalah para peserta didik yang tergabung dalam pngurus OSIS MTsN 1 Rembang periode 2018-2019.

Dengan menggandeng beberapa lembaga lain, selama dua hari, yaitu Sabtu dan Minggu (19-20/1/2019), pengurus OSIS  ini menerima banyak materi. Materi yang disampaikan antara lain, Kepemimpinan oleh Kepala SMPN 4 Rembang, Sugeng, Tata Upacara Militer  oleh  Koramil Lasem,  Pidato, Keprotokolan dan surat menyurat oleh Guru SMPN 1 Pamotan), Musdalifah, Etika, Sopan santun dan Tata tertib Madrasah oleh guru MTsN 1 Rembang Erma Ariani, dan Dinamika Kelompok oleh Nugraeni Saputri.

Kepala MTsN 1 Rembang, Imam Suyono mengatakan, LDK ini bertujuan untuk melatih dan mengembangkan potensi diri siswa di bidang kepemimpinan. Dikatakannya, di  dalam sebuah organisasi, banyak sekali hal-hal yang harus dipelajari.  “Organisasi yang terdiri atas banyak anggaota, tidak mungkin berjalan jika tidak didasari oleh kekompakan  dan pemahaman satu tujuan yang harus dicapai bersama-sama,” kata Imam.

Di dalam organisasi, juga harus diterapkan sikap disiplin. Materi dari Koramil Lasem mengajarkan peserta tentang pentingnya disiplin diri. “Sikap disiplin ini akan mendukung kelancaran pencapaian tujuan organisasi. Kesuksesan sebuah tujuan, bergantung dari kedisiplinan seseorang,” sambung Imam.

Demikian pula tentang tata cara keprotokolan, surat menyurat, etika, sopan santun, dan hal-hal lain juga didapatkan di LDK ini.

Ketua OSIS MTsN 1 Rembang, Achmad Zaeni Abdusshomad mengatakan, LDK ini sangat membantu pengurus OSIS untuk melaksanakan tugasnya sebagai wakil dari seluruh peserta didik di MTsN 1 Rembang. Menurutnya,berorganisasi mempunyai banyak manfaat untuk mengembangkan diri.– iq/bd