Bentuk Karakter Mulya Melalui MTQ dan Pildaja

Kebumen-Sekitar 250 peserta memenuhi Aula Setda Kabupaten Kebumen pada pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) dan Pemilihan Da’i Remaja (Pildaja) tadi pagi (8/5). Ajang tahunan ini merupakan kerjasama antara Kementerian Agama Kebumen dengan Pemerintah Daerah setempat.

Menurut panitia ada 10 jenis cabang perlombaan yang akan dilombakan pada MTQ untuk tahun ini. “MTQ untuk tahun ini menggelar 10 jenis cabang perlombaan”, ujarnya. 8 cabang dilaksanakan di aula setda dan sekitarnya, sementara itu 2 cabang yang lain dilaksanakan di aula kankemenag dan wisma Haji.

Kegiatan yang dibuka oleh Plt Bupati Kebumen ini dihadiri oleh pejabat Forkompimda, Kepala Kankemenag Kebumen, Kabag Kesra, Kepala Dispora wisata, para Camat dan Kepala KUA se-Kabupaten Kebumen. “Kegiatan ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari berbagai instansi yang diundang disini, karena mereka juga turut mendukung kegiatan ini,” kata salah satu pengunjung.

Plt Bupati mengatakan bahwa perlombaan ini merupakan ajang dalam rangka Pembangunan mental spiritualis. “Ini dilakukakan bukan semata hanya untuk perlombaan, tapi melalui forum MTQ dan Pildaja harapannya akan terbentuk karakter mulya bagi generasi muda saat ini,” paparnya.

Menurutnya generasi muda saat ini sedang mendapat tempat tersendiri dalam pembentukan karakter. “Pemuda sangat terbukti dalam memajukan sebuah bangsa dan juga dalam perjuangan agama,” ucapnya. Dia memberikan contoh beberapa pemuda Islam jaman Nabi dahulu yang dapat melakukan hal baik terhadap negara dan agamanya.

“Peradaban Islam akan bangkit ketika anak-anak muda hatinya selalu tergantung di masjid,” katanya. Ini berarti bahwa pemuda yang seperti itu benar-benar mencintai Islam dengan pelaksanaan melalui berbagai bidang di setiap sendi kehidupan.

Kemudian disaksikan seluruh pejabat dan peserta yang hadir, kegiatan dimulai dengan ditandainya pemukulan beduk oleh Plt Bupati Kebumen menjelang pukul 10 pagi.(pt/rf)