Berbagi kurban dengan masyarakat pinggiran

Sragen – Pada Idul Adha 1436 H, Kelompok Kerja Penyuluh Agama Islam (Pokjaluh) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen kembali menyelenggarakan program qurban bersama masyarakat pinggiran bertajuk “Bahagiakan Sesama dengan Berqurban”. Kegiatan rutin tahunan kali ini difokuskan di masjid al Barokah Dukuh Grengseng, Desa Poleng, Kecamatan Gesi, Kabupaten Sragen pada hari Jum’at, (25/09).

Pada tahun keempat ini, panitia menyalurkan 4 ekor sapi, 12 ekor kambing dan sembako sejumlah 227 paket hasil kerjasama dengan berbagai pihak seperti: Koperasi Amal Bhakti Kankemenag Kab. Sragen, BAZNAS Kab. Sragen, BAZNAS UPZ Kankemenag, Kospin Jasa, Bank Syari’ah Sragen, Bappeda Sragen, IMM UMS, Pokja KUA Kab. Sragen, Madrasah dan sejumlah aghniya’ di Kabupaten Sragen dg total anggaran lebih dari 120 juta rupiah, dibagikan kepada lebih dari 444 KK di kebayanan Poleng dan Grengseng.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kankemenag Kab. Sragen, Kasi Bimas Islam, Camat Gesi, Danramil Gesi, Kapolsek Gesi, Kepala KUA Gesi, Kepala Desa Poleng dan jajarannya, sejumlah shohibul qurban dan donatur serta warga masyarakat Desa Poleng. Rangkaian acara pada pagi hari diawali dengan penyerahan hewan qurban oleh Sofyan, Kasi Bimas Islam Kankemenag Kab. Sragen kepada Budiyono, Kades Poleng, dilanjutkan dengan penyembelihan hingga pengepakan daging qurban teriring gema takbir oleh kaum muslimin.

Budiyono dalam sambutannya atas nama warga Poleng menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pokjaluh Sragen yang telah berupaya dengan sepenuh jiwa membangkitkan semangat warga di tengah kondisi kekeringan yang melanda untuk sentiasa menikmati semua anugerahNya dengan penuh syukur dan bahagia.

Ba’da shalat Jumat, dilangsungkan acara pengajian bersama jamaah dengan muballigh Drs. H. Sururi yang dirangkai dengan penyerahan daging qurban dan paket sembako kepada masyarakat. Camat Gesi, Suharno beserta jajaran Muspika Gesi turut menyampaikan aprésiasi kepada tim qurban Pokjaluh yang telah dengan tulus ikhlas berbagi kebahagiaan bersama warga masyarakat Gesi, khususnya Desa Poleng.

Sutari, warga Rt.1 dukuh Grengseng merasa senang dan terharu dengan kegiatan sosial ini. “Baru kali ini saya dapat daging qurban sapi, banyak lagi,” ungkapnya. “Insya Allah cukup untuk persediaan 8 hari ke depan untuk 10 orang di rumah,” imbuhnya. Kepala Kankemenag Kab. Sragen Ahmad Nasirin dalam kesempatan terpisah menyampaikan pentingnya berbagi bersama kaum dhu’afa, saling menolong dlm kebaikan dan taqwa bukan dalam dosa dan permusuhan. Semoga kegiatan yang baik ini selalu terpelihara dan mampu menginspirasi banyak kalangan untuk rela berkorban dan berbagi kepada sesama untuk menuai ridho Allah Swt. (Achmad Darussalam)